Senin 13 Apr 2015 22:33 WIB

SBY Masih Jadi Sosok Kuat di Demokrat

Rep: C15/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).
Foto: Antara
Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengamat Politik, Universitas Indonesia, Maswadi Rauf menilai Susilo Bambang Yudhoyono masih menjadi sosok yang kuat di partai Demokrat. Sebab, SBY mempunyai kharismatik, dan belum ada sosok yang memiliki kekuatan seperti SBY untuk bisa mengkonsolidasi kader.

Maswadi menilai, SBY masih menguasai partai Demokrat. Hal ini kemudian mengecilkan kemungkinan partai Demokrat dari ambang perpecahan. Pertama, karena sosok SBY yang masih mendominasi partai. Kedua, belum kelihatan sosok kader yang bisa menjadi pesaing ulung SBY dalam melaksanakan konsolidasi partai.

"SBY masih kuat, Demokrat merupakan salah satu partai yang cukup solid selama ini," ujar Maswadi saat dihubungi ROL, Senin (13/4).

Namun, kedepan Maswadi menilai SBY mempunyai peran yang cukup berat untuk bisa membawa arah politik partai. Jika SBY kedepan hendak mengusung calon presiden, maka ia perlu membina kader salah satu secara optimal agar bisa menjadi tokoh yang cukup diperhitungkan oleh rakyat.

Partai naungan presiden keenam ini akan menggelar kongres dalam waktu dekat. Beberapa nama seperti Marzukie Alie dan Loyalis Anas Urbaningrum disebut akan menjadi ancaman SBY dalam kongres kelak. Takut suaranya terbagi, beberapa isu mengarah pada dominasi SBY melalui bocoran surat pernyataan dan juga istilah saweran untuk bisa menjadi ketua umum.

Namun, Maswadi menilai, hal tersebut tak perlu menjadi hal yang dirisaukan SBY. sebab hingga saat ini posisi SBY masih kuat di partai. Kalaupun ada sosok yang nantinya akan menggantikan posisi SBY merupakan orang yang herus melalui proses panjang kaderisasi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement