Kamis 09 Apr 2015 05:26 WIB

Benahi Wajah Cimahi, Pemkot Kucurkan Rp 2,5 Miliar

Rep: C12/ Red: Yudha Manggala P Putra
alun alun cimahi
Foto: cimahikota.blogspot.com
alun alun cimahi

REPUBLIKA.CO.ID, CIMAHI -- Pemerintah Kota Cimahi menggelontorkan dana sebesar Rp 2,5 miliar selain untuk menata taman di bawah fly over Cimindi, juga menata sepanjang jalan Mahar Martanegara sampai Taman Cimindi.

"Itu enggak hanya buat taman. Tapi juga untuk penataan jalan Mahar Martanegara hingga taman Cimindi," kata Wali Kota Cimahi Atty Suharti, Rabu (8/4).

Ia menjelaskan, penataan sepanjang jalan Mahar Martanegara juga perlu dilakukan karena kawasan tersebut merupakan pintu masuk dari pintu tol Baros ataupun Pasteur.

Terlebih, nantinya Kota Bandung akan membuat jalur four in one di tol tersebut sehingga tentu makin banyak mobil yang bakal lalu-lalang. "Jalan Mahar juga harus mendapat sentuhan karena kesan pertama Cimahi ada di situ," ujar Atty, Rabu (8/4).

Menurut Atty, gambaran Kota Cimahi seperti apa, itu terletak di sepanjang jalan tersebut. Karena itulah, munculnya kesan yang positif atau buruk terhadap Cimahi, itu tergantung dari penataan jalan Mahar Martanegara.

Terlebih, ia mengakui, saat ini jalan tersebut pun belum dalam kondisi yang sempurna. Misalnya pada drainase dan trotoar yang kerap terhambat. "Kalau itu dibenahi, pengguna jalan akan merasa nyaman," tutur dia.

Bahkan, Atty berencana membuat subterminal Cimindi. Sebab, banyaknya angkutan umum yang menumpuk di sekitar Pasar Cimindi itu bikin macet.

Seperti diketahui sebelumnya, dana sebesar Rp 2,5 miliar itu direncanakan untuk menata taman di bawah fly over Cimindi. Total anggaran tersebut masih dalam platform sehingga kemungkinan anggaran tersebut akan ada sisanya.

Untuk perencanaan, ada alokasi dana sampai Rp 100 juta. Untuk pengawasan pekerjaan, pun ada alokasi sebesar Rp 70 juta.

 

Kepala Bidang Pertamanan, Pemakaman, Penerangan Jalan Umum dan Dekorasi Kota, DKP Kota Cimahi, Ade Ruhiyat menuturkan saat ini proyek tersebut ada dalam tahap lelang perencanaan. Targetnya, penataan taman di bawah fly over Cimindi ini bisa rampung tahun ini.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement