Senin 06 Apr 2015 14:36 WIB

Kota Bandung Kekurangan 38 Ribu PJU

Rep: mj01/ Red: Agus Yulianto
Petugas tengah memasang lampu penerangan jalan umum (PJU).
Foto: Republika/Yasin Habibie
Petugas tengah memasang lampu penerangan jalan umum (PJU).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Penerangan jalan umum (PJU) di Kota Bandung masih belum memenuhi target, yakni 68.000 buah. Hal tersebut mengakibatkan beberapa daerah menjadi rawan kejahatan.

Menurut Rosyidi Santono Kabid Pengelolaan Bahan dan PJU Dinas Bina Marga dan Pengairan Kota Bandung, sejauh ini baru ada 30.191 buah PJU yang tersebar di berbagai daerarah Kota Bandung. "Rencananya tahun ini kami mau menambah 4.965 buah PJU," ujarnya, pada Senin (6/4).

Rosyidi mengatakan, memang banyak keluhan juga dari masyarakat mengenai minimnya PJU di Kota Bandung. "Memang ada keluhan, tapi kami coba secara bertahap untuk memenuhi target yang ada," ucapnya.

Rencananya selain di perempatan jalan, PJU pun akan dipasang di taman-taman kota Bandung. "Kami lihat dulu kondisi tamannya. Kalau luas, kami akan pasang lampu yang tinggi seperti di alun-alun Bandung. Kalau kecil, paling hanya menggunakan PJU standar," tuturnya.

Saat ini, pelaksanaan penambahan jumlah PJU tengah dijalankan. "Sekarang lagi tahap lelang. Mungkin sekitar sebulan baru bisa dijalankan," katanya.

Untuk anggaran PJU sendiri, Rosyidi mengatakan, tahun ini pemkot menganggarkan sebesar Rp 62 miliar. "Selain penambahan PJU, kami juga melakukan pemeliharaan. Karena sesuai dengan program walikota, tahun 2016 nanti kita sudah bisa mencapai Bandung Caang Baranang," paparnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement