Senin 06 Apr 2015 09:42 WIB

Jabar Kembangkan Tiga Kawasan Metropolitan

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Esthi Maharani
Gedung Sate, Bandung
Gedung Sate, Bandung

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Pembangunan di Provinsi Jawa Barat dipastikan akan semakin pesat di 2016. Sejumlah proyek tengah dikembangan. Di antaranya pengembangan kawasan tiga metropolitan, yakni Bodobekarpur, Bandung Raya dan Cirebon Raya.

Menurut Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Jabar, Deny Juanda Puradimaja, pembangunan kawasan metrpolitan merupakan project 100 tahunan lebih.

"Namun, proses pembangunan harus dimulai sejak saat ini," ujar Denny kepada wartawan, Senin (6/4).

Denny mengatakan, kawasan pertama adalah Metropolitan Bodekarpur. Yakni, merupakan kembaran dari Metrpolitan Jakarta dengan total luas wilayah mencapai 5 kali lipat dari ibukota.

Kawasan kedua, kata dia, adalah Metropolitan Bandung Raya meliputi 5 kabupaten/kota. Yakni Kota Bandung, Kota Cimahi, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat serta Kabupaten Sumedang.

Kawasan ketiga, kata Denny, adalah Metropolitan Cirebon Raya meliputi 5 kabupaten/kota, Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Kuningan, Kabupaten Majalengka dan Kabupaten Indramayu.

"Membangun metropolitan tidak mungkin tanpa pergaulan dunia," katanya.

Selain kawasan metropolitan, kata Denny, pihaknya juga fokus membangun tiga pusat pertumbuhan baru. Yakni Pangandaran, Ranca Buaya dan Pelabuhan Ratu.

"Ketiganya berada di wilayah Jabar Selatan," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement