Sabtu 04 Apr 2015 02:57 WIB

PLN Bangun Jaringan Transmisi 150 KV

Petugas mengecek kelistrikan di Gardu Induk PLN, Cawang, Jakarta, Selasa (29/4).
Foto: Republika/Adhi Wicaksono
Petugas mengecek kelistrikan di Gardu Induk PLN, Cawang, Jakarta, Selasa (29/4).

REPUBLIKA.CO.ID, KOBA -- PT PLN Persero akan membangun jaringan transmisi 150 kilo volt (KV) dengan daya listrik bertegangan tinggi di Pulau Bangka.

"Jaringan transmisi ini dibangun dari Kabupaten Bangka Barat, Bangka Tengah dan Kabupaten Bangka Selatan, dengan interkoneksi sistem Sumatera," kata Direktur Konstruksi PT PLN Persero Nasri Sebayang saat peresemian penarikan transmisi di Desa Terentang, Jumat (3/4).

Ia menjelaskan, untuk rencana jangka panjang kelistrikan PLN Wilayah Bangka Belitung 2013 - 2022 akan dilakukan interkoneksi sistem Sumatera (Tanjung Siapi-api) dengan Pulau Bangka (Muntok) menggunakan Kabel Laut 150 kV.

"Ini untuk menghantar daya hingga 200 MW masuk ke Pulau Bangka, pemasangan jaringan dengan menggunakan kabel bawah laut ini sudah dilakukan sejak 2012 dan pengerjaannya sudah 80 persen," ujarnya.

Ia menyatakan, penarikan transmisi ini menandakan kelistrikan di Bangka Belitung menuju era baru karena sistem kelistrikan sudah menggunakan sistem tegangan tinggi.?

"Adanya penarikan transimi ini menandakan PLN Pusat benar-benar memperhatikan kebutuhan listrik Bangka Belitung, karena daerah ini merupakan daerah yang sangat strategis dan memiliki potensi bisnis yang besar, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian masyarakat," ujarnya.

Ia mengatakan, proyek transmisi ini akan terus berlanjut hingga 2024 dan diminta kepada PLN Wilayah Bangka Belitung bisa mengawal proyek ini dengan baik.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement