Sabtu 04 Apr 2015 01:17 WIB

Petani Papua Akan Terima 49 Traktor

Traktor tangan, ilustrasi
Foto: mesinindustri
Traktor tangan, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAYAPURA -- Tahun ini, petani di Provinsi Papua akan menerima bantuan 49 unit traktor dari pemerintah pusat melalui Kementerian Pertanian.

"Kita terima bantuan 49 unit traktor untuk seluruh Provinsi Papua dan itu akan kita bagikan ke beberapa Kabupaten," kata Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Papua Samuel Siriwa, Jumat (3/4).

Sebagian besar bantuan tersebut, ucap Siriwa, akan didistribusikan ke Kabupaten Merauke karena di kabupaten tersebut lahan taninya paling luas dibandingkan dengan daerah lainnya.

"Untuk Merauke, kami distribusikan 22 unit, Mappi tujuh unit, Nabire dan Waropen lima unit, Mimika empat unit, Kerrom dan Kota Jayapura tiga unit," sebutnya.

Hanya kebutuhan traktor untuk Kabupaten Merauke, terang Siriwa, masih jauh dari mencukupi karena luas lahan yang akan digarap pada 2015 mencapai 42.450 hektare.

"Di Kabupaten Merauke, petani kami butuh 456 traktor, sementara yang sudah ada baru 73 unit, sementara kekurangannya 383 unit," ucapnya.

Kekurangan traktor ini, terangnya, berakibat pada tidak maksimalnya hasil produksi petani.

"Dengan peralatan yang ada, kita akan coba maksimalkan hasil produksi petani, yang terpenting target pemenuhan kebutuhan beras TNI, Polri, PNS, Raskin dan Publik Merauke di 2016 bisa terpenuhi," ujarnya.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement