Kamis 02 Apr 2015 09:27 WIB

Bahasa Apa yang Paling Banyak Digunakan di Dunia?

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Karta Raharja Ucu
Bahasa Mandarin
Foto: taiwan.cor
Bahasa Mandarin

REPUBLIKA.CO.ID, DENPASAR -- Asal muasal banyak bahasa di dunia tidak diketahui, kecuali referensi di dalam kitab suci sejumlah agama. Saat ini, ada lebih dari 2.700 bahasa yang digunakan di dunia dengan lebih dari 7.000 dialek. Sebagian besar ada di katalog Kamus Bahasa Ethnologue.

Di Indonesia misalnya, ada 365 bahasa berbeda diucapkan berbagai suku. Lebih dari seribu bahasa berbeda dituturkan di Afrika. Bahasa paling sulit untuk dipelajari adalah Basque, yang diucapkan masyarakat di barat laut Spanyol dan tenggara Prancis.

Dilansir dari Did You Know, Kamis (2/4), Mandarin adalah bahasa yang paling banyak diucapkan di dunia, diikuti bahasa Inggris. Tapi, bahasa ibu yang paling sering diucapkan di dunia adalah Spanyol.

Bahasa termuda di dunia adalah Afrika, khususnya di Afrika Selatan. Penduduk Protestan di Belanda dan Herman melarikan diri dari konflik Gereja Katolik Roma pada abad ke-17 dan 18.

Pada awal abad ke-20, bahasa baru di Afrika ini dipengaruhi bahasa Belanda dan Jerman dan kini sudah matang mempunyai kamus sendiri. Ini adalah bahasa yang paling sering digunakan orang-orang Zulu, kelompok etnis terbesar di sana.

Negara terkecil di dunia adalah Vatikan. Ini juga merupakan satu-satunya negara dimana bahasa Latin menjadi bahasa resmi. Somalia adalah satu-satunya negara di dunia dimana semua warga negaranya menyuarakan satu bahasa, Somalia.

Zaman sekarang, internet dan pesan singkat diponsel juga memengaruhi perkembangan bahasa. Pasalnya, orang-orang bisa berkomunikasi lintas batas, berbagai budaya dan daerah. Bahasa baru di dunia masih terus berkembang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement