Selasa 31 Mar 2015 18:42 WIB

Situs Penjara Bung Karno Mulai Dipercantik

Rep: C01/ Red: Ilham
  Tempat pengasingan Presiden Soekarno, Bukit Menumbing, Muntok, Bangka Belitung,
Foto: Republika/Adhi Wicaksono
Tempat pengasingan Presiden Soekarno, Bukit Menumbing, Muntok, Bangka Belitung,

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Situs Penjara Banceuy tempat Presiden Pertama RI Soekarno sempat ditahan kini sedang dipercantik. Pemugaran Situs penjara Banceuy dilaksanakan dalam rangka menyambut peringatan Konferensi Asia Afrika ke-60 di Bandung April, mendatang.

"Silahkan datang ke lokasi, sudah dimulai," terang Wali Kota Bandung Ridwan Kamil saat ditemui di Sasana Budaya Ganesha, Selasa (31/3).

Ridwan menyatakan, tidak ada desain khusus untuk situs Banceuy. Situs penjara tersebut hanya akan dirapihkan sehingga dapat dinikmati oleh warga maupun tamu negara yang berminat untuk berkunjung.

Selain dirapihan, situs Penjara Banceuy juga mendapatkan sumbangan patung Soekarno. Pemberian patung dari Ahli Patung Institut Teknologi Bandung, Profesor Surya, tersebut juga atas restu dari keluarga Bung Karno.

Perbaikan situs Penjara Banceuy juga tidak hanya dilakukan terhadap gedungnya saja. Pemerintah Kota Bandung juga berencana memperbaiki akses pejalan kaki di sekitar situs tersebut. Soal anngarannya, Ridwan hanya menjawab singkat. "(Bantuan) dari Hamba Allah," ujar Ridwan. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement