Senin 30 Mar 2015 09:12 WIB

Mahfud MD: Banyak Orang Islam di Indonesia, tapi Perilakunya tak Islami

Rep: C08/ Red: Erik Purnama Putra
Mantan ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD.
Foto: Antara
Mantan ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mantan ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD mengatakan, di Indonesia banyak dari umat Islam yang tidak mencerminkan perilaku islami. Hal ini dianggap Mahfud sebagai kontradiksi di mana banyak kalangan non-Muslim yang justru menunjukkan perilaku Islami.

Begitu juga dengan orang-orang yang tidak paham agama secara mendalam, juga dapat memperlihatkan perilaku kebaikan yang dianjurkan oleh agama. "Di Indonesia banyak orang Islam tetapi perilakunya tidak Islami. Di New Zealand hampir tidak ada orang Islam tapi masyarakatnya Islami," ujarnya melalui akun Twitter, @mohmahfudmd.

Mahfud kemudian mencontohkan perilaku yang ditunjukkan oleh almarhum komedian Olga Syaputra, yang semasa hidupnya selalu menginspirasi orang Indonesia untuk berbuat kebaikan. Meskipun Olga hanya lah seorang artis yang bukan dari kalangan agama dan paham agama secara mendalam, tetapi perilaku yang ditunjukkan Olga dianggap Mahfud adalah contoh perilaku Islami.

"Olga bukan tokoh agama, dia artis. Tapi dengan segala kekuarangannya sebagai manusia, Olga selalu berusaha berbuat baik pada orang lain sesuai ajaran agama," ujar Mahfud.

Untuk itu, Mahfud mengingatkan kepada kalangan umat Islam di Indonesia untuk berbuat dan berperilaku Islami sesuai dengan yang diajarkan agama. Hal ini juga ditekankan Mahfud kepada tokoh agama agar benar-benar menghayati ajaran agama sehingga menjadi panutan sepenuhnya bagi masyarakat.

Guru besar tata negara Universitas Islam Indonesia (UII) tersebut mengharapkan, perilaku islami juga diamalkan para pemangku jabatan agar terjaga dari godaan melakukan korupsi. Mahfud menyebut bahkan kalangan non-Muslim menunjukkan perilaku Islami karena mampu menahan diri untuk tidak korupsi.

"Bisa saja orang tidak beragama Islam tapi perilakunya Islami. Orang-orang yang tak mau korupsi dan taat hukum maka meski bukan Islam, mereka itu Islami," ujar Mahfud.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement