Senin 30 Mar 2015 03:22 WIB

Vaksinasi Solusi Atasi Flu Burung

Rep: Andi Nurroni/ Red: Hazliansyah
Ilustrasi vaksin flu burung.
Foto: ANTARA
Ilustrasi vaksin flu burung.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Tewasnya dua orang di Tangerang, Banten akibat flu burung jenis H5N1 membuat sejumlah pihak harus meningkatkan meningkatkan kewaspadaan, terutama pemerintah.

Akibat belum terpetakannya pola penyebaran dan penularan penyakit tersebut, flu burung bisa terjadi di mana saja dan kapan saja.

Pakar flu burung Universitas Airlanga (Unair) Surabaya Prof Chairul Anwar Nidhom menyampaikan, mengingat kasus penyebaran flu burung yang tidak terduga dan semakin luas, menghilangkan virus H5N1 dari Indonesia adalah hal yang cukup sulit.

Oleh karena itu, menurut Nidhom, vaksinasi menjadi alternatif untuk melindungi manusia dari serangan penyakit tersebut.

Terkait vaksin, Nidhom menyampaikan, ia dan tim di Avian Influenza Research Center (AIRC)-Unair sudah menemukan formulasi vaksin tersebut.

Sementara Biofarma, yang merupakan perusahaan negara di bidang farmasi, menurut Nidhom, sudah menyatakan kesanggupannya memproduksi vaksin tersebut.

“Tinggal kemauan pemerintah. Masyarakat tidak usah berdebat soal kualitas vaksin tersebut, saya sebagai peneliti menjamin. Proses trial and error sudah kita lewati, semua sudah siap,” ujar Nidhom.  

Nidhom menjelaskan, proses vaksinasi bisa dilakukan bagi masyarakat di daerah-daerah yang memiliki kasus flu burung.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement