Jumat 27 Mar 2015 18:31 WIB

'Menteri-Menteri Jokowi Berkualitas KW 2'

Rep: Halimatus Sa'diyah/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Romo Benny Susetyo (kanan).
Foto: Antara
Romo Benny Susetyo (kanan).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Budayawan Benny Susatyo menyebut bahwa menteri-menteri Kabinet Kerja berkualitas KW 2. KW 2 adalah istilah yang biasa digunakan untuk menyebut barang imitasi atau tiruan.

"Kebanyakan menteri itu KW 2, tidak punya kemampuan," ujarnya dalam sebuah forum diskusi di Jalan Agus Salim, Jakarta Pusat, Jumat (27/3).

Benny mengatakan hal itu karena menurutnya para 'pembantu' presiden banyak yang tidak mengerti persoalan. Hal itu, kata dia, dapat terlihat dari carut-marutnya kondisi politik dan ekonomi Indonesia saat ini, mulai dari anjloknya nilai tukar rupiah, kenaikan harga sejumlah kebutuhan pokok, sampai konflik KPK versus Polri.

Menurut Benny, orang-orang yang duduk di kursi menteri saat ini memiliki kepentingan masing-masing. Sebab, kebanyakan dari mereka terpilih bukan karena kemampuan yang dimiliki, melainkan karena dapat jatah jabatan.

Kondisi ini, menurut dia, menjadikan banyak kebijakan pemerintah yang dibuat tidak sesuai sehingga tak mampu menyelesaikan persoalan.  Dia menilai, presiden harus berani mengganti menteri-menterinya yang tidak menunjukkan kinerja agar agenda-agenda pembangunan dapat terlaksana.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement