Kamis 26 Mar 2015 20:16 WIB

'Lulusan Perguruan Tinggi Sukabumi Mampu Bersaing'

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Djibril Muhammad
Perguruan Tinggi - ilustrasi
Foto: blogspot.com
Perguruan Tinggi - ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI — Lulusan perguruan tinggi (PT) lokal dinilai mampu bersaing dalam persaingan kerja di lapangan. Sebab, kualitas pendidikan di PT yang ada di daerah tidak kalah dibandingkan dengan di kota besar.

"Lulusan PT lokal tidak kalah jika dibandingkan dengan yang lain," ujar Wakil Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi kepada wartawan, Kamis (26/3).

Hal ini disampaikan di sela-sela acara wisuda sarjana dan diploma di Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI).

Hal ini kata Fahmi ditunjukkan dengan banyaknya lulusan PT lokal yang langsung terserap dunia kerja. Oleh karena itu pemkot mendukung penuh keberadaan PT lokal khususnya dalam peningkatan kualitas.

Wakil Rektor III UMMI Sakti Alamsyah mengatakan, para lulusan UMMI sebagian besar memang langsung terserap dunia kerja. Dicontohkan dia pada wisuda gelombang kedua pada Maret 2015 ini ada sebanyak 108 orang wisudawan.

"Sebelum wisuda, ada sekitar 35 persen yang sudah terserap dalam acara job fair," terang Sakti. Sehingga mereka langsung memasuki dunia kerja selepas wisuda.

Sakti mengungkapkan, kondisi ini menunjukkan besarnya kepercayaan pasar kerja terhadap PT lokal termasuk UMMI. Nantinya, lulusan PT lokal ini diharapkan bisa memberikan kontribusi yang positif bagi perkembangan dan kemajuan daerah khususnya Sukabumi.

Diakui Sakti, salah satu lulusan yang paling banyak terserap adalah jurusan pendidikan jasmani, kesenian, dan rekreasi. Sebab, banyak sekolah yang belum memiliki guru yang khusus mengajar pendidikan jasmani.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement