Selasa 24 Mar 2015 13:19 WIB

JK Ungkap Rahasia Singapura Bangun Kota Cerdas

Rep: Sonia Fitri/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Wakil Presiden Jusuf Kalla
Foto: Antara/HO/Humas UMY Hamim Thohari
Wakil Presiden Jusuf Kalla

REPUBLIKA.CO.ID,JK: Benahi Kota, Indonesia Mesti Contoh Kiprah Lee Kuan Yew

JAKARTA--Wakil Presiden RI Jusuf Kalla mendukung adanya Indeks Kota Cerdas. Menurutnya, hal tersebut merupakan langkah baik dalam memulai pembenahan kota.

Ia bahkan menyebut, Indonesia mesti mencontoh kiprah Lee Kwan Yew, Perdana Menteri Pertama Singapura yang dinilainya mengawali pengelolaan kota yang baik di negara tersebut.   "Saya turut berduka atas berpulangnya Lee Kwan Yew, dialah yang memulai pembentukan Singapura sebagai negara kota yang paling maju dan sukses," kata dia sebelum membuka acara Peluncuran Indeks Kota Cerdas pada Selasa (24/3).  

Apa rahasia Singapura? Yakni bukan karena sekadar memiliki indeks kota atau regulasi yang baik. Tapi juga karena kepemimpinan Singapura memiliki ketegasan memberikan hukuman kepada siapapun yang melanggar regulasi.

Sebab bagi JK, kota cerdas bukan hanya karena lingkungan dan masyarakat yang baik, tapi di sana ada disiplin yang kuat. "Kalau ada yang buang permen karet sembarangan saja dihukum, apalagi yang lain," tuturnya.

Di Singapura, lanjut JK, lebih banyak ketertiban dari pada kekayaan. Sebab, kekayaan akan membuat kota tidak menarik karena akan tercipta ketidakteraturan, asal bangun mal dan banyak sampah. Kota yang hanya memamerkan kekayaan akan menjadi semrawut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement