Kamis 19 Mar 2015 21:28 WIB

Harga Cabai Naik, Petani Panen Untung

Rep: Riga Iman/ Red: Didi Purwadi
Cabai merah
Foto: Antara
Cabai merah

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Pergerakan harga cabai rawit di Kabupaten Sukabumi cukup menggembirakan para petani. Pasalnya, dalam beberapa hari terakhir ini harga cabai di tingkat petani cukup tinggi dibandingkan sebelumnya.

Saat ini harga cabai rawit di tingkat petani mencapai Rp 30 ribu per kilogram. Padahal, sebelumnya hanya sekitar Rp 15 ribu per kilogram.

''Kondisi saat ini menyebabkan para petani mendapatkan keuntungan yang cukup lumayan,'' ujar salah seorang petani cabai rawit di Kampung Kalapacondong, Desa Sudajaya, Kecamatan Sukabumi, Kabupaten Sukabumi, Jarkasih (60 tahun), Kamis (19/3). Diperkirakan, keuntungan meningkat sekitar 30 persen hingga 40 persen dibandingkan sebelumnya.

Jarkasih mengungkapkan, harga cabai rawit di pasaran jauh lebih mahal yakni sekitar Rp 40 ribu per kilogram. Sementara di tingkat petani hanya Rp 30 ribu perkilogram.

Namun, lanjut Jarkasih, harga cabai rawit tidak stabil karena mengalami turun dan naik tergantung kondisi pasar. Bahkan, harga cabai rawit sempat menembus Rp 70 ribu per kilogram. Namun, keadaan tersebut tidak bertahan lama karena harga kembali turun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement