Kamis 19 Mar 2015 14:05 WIB

Indonesia Gandeng Finlandia Lindungi Danau Toba

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Yudha Manggala P Putra
Danau Toba
Foto: Republika/Subroto
Danau Toba

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Indonesia dan Finlandia kini tengah menjajaki kerjasama perlindungan hutan dan perbaikan lingkungan. Untuk melanjutkan kerjasama di bidang kehutanan, Menteri Pendidikan dan Komunikasi Finlandia Krista Kuru pun siang ini menemui Wakil Presiden Jusuf Kalla di kantor Wakil Presiden, Jakarta.

"Saya sangat senang bisa ketemu Wapres hari ini karena itu menandakan Finlandia dan RI bekerja sama, kita menciptakan kerja sama lebih kuat lagi. Hari ini kita jalin kerja sama di bidang pendidikan dan komunikasi karena ini penting untuk mengetahui semua kemungkinan dalam kerja sama antar guru, selain itu juga dalam bidang kehutanan karena negara kita banyak hutan. Ini penting supaya kita dapat menjawab tantangan ke depannya dalam hal kehutanan," kata Kuru di kantor Wapres, Jalan Medan Merdeka Utara, Kamis (19/3).

Menurut Juha Christensen, penasehat senior Universitas Finlandia, kerjasama di bidang lingkungan dan kehutanan ini rencananya juga akan dilakukan untuk melindungi dan memperbaiki Danau Toba. Kerjasama untuk perlindungan Danau Toba ini dijajaki setelah pihaknya berkunjung ke Sumatera dan berdiskusi terkait permasalahan di Danau Toba.

"Jadi ketika kami berkunjung ke Sumatera, dan universitas di sana mengajak berdiskusi soal Danau Toba. Dan beberapa bulan berikutnya kami mengembangkan kerja sama dan kami berharap ke depannya dapat melibatkan Danau Toba, mungkin juga yang lain," jelas dia.

Selain bertemu dengan Wapres JK, Juha mengatakan, Menteri Pendidikan dan Komunikasi Finlandia ini juga akan bertemu dengan sejumlah menteri di Indonesia, seperti Menteri Dikti dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Rencananya, dalam pertemuan kedua menteri tersebut akan dilakukan penandatanganan nota kesepahaman di bidang pendidikan.

"Hari ini kami juga sudah bicara dengan Mendikti tentang MoU kedua untuk perguruan tinggi dan riset, nanti juga Menteri LH dan Kehutanan Siti Nurbaya untuk kerja sama di bidang kehutanan dan forestry science, termasuk juga urusan lingkungan seperti Danau Toba. Bagaimana itu bisa dilindungi dan dibersihkan," katanya. 

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement