Selasa 17 Mar 2015 18:28 WIB

Ridwan Kamil: Tiap Malam Saya Jadi Mandor

Rep: c01/ Red: Angga Indrawan
Ridwan Kamil
Foto: Republika/Edi Yusuf
Ridwan Kamil

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Pemerintah Kota Bandung semakin gencar memantau persiapan peringatan Konferensi Asia Afrika (KAA) ke-60 di Bandung pada April mendatang.Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil kerap terjun langsung ke lapangan dan memastikan semua persiapan berjalan baik.

"Tiap malam juga saya jadi mandor, ngecek (gedung) Asia-Afrika," ujar Ridwan Kamil saat ditemui di Balai Kota Bandung, Selasa (17/3).

Salah satu persiapan yang diperhatikan ialah perbaikan dan pemugaran jalan-jalan utama yang akan digunakan dalam peringatan KAA ke-60. Untuk Jalan Braga, Ridwan menyatakan pengerjaannya berjalan dengan lancar. Saat ini Jalan braga sudah dicor dan siap untuk dipasangkan dengan granit.

"(Granitnya) yang baru," lanjut pria yang akrab disapa Kang Eemil tersebut.

Pengerjaan jalan di Asia Afrika juga berjalan lancar. Saat ini, kata dia, pemugaran di Jalan Asia Afrika hanya tinggal pemasangan hiasan bola batu. Sebanyak 109 bola batu nantinya akan menghiasi sepanjang Jalan Asia Afrika. Di tiap bola batu akan terukir nama masing-masing negara Asia Afrika yang totalnya ada sebanyak 109 negara.

Pengadaan hiasan bola batu ini berasal dari bantuan dana corporate social responsibility (CSR) salah satu gereja yang berada di Kota Bandung. Ridwan menyatakan hiasan dipilih berbentuk bulat karena melambangkan bola dunia.

"Tiap-tiap peringatan harus ada jejaknya. Jejaknya apa? Salah satunya (hiasan bola) batu itu," terang Ridwan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement