Senin 16 Mar 2015 17:10 WIB

Warga Sorong Dapat Bantuan Gamelan dan Wayang dari Sultan HB X

Rep: neni ridarineni/ Red: Taufik Rachman
Gamelan
Gamelan

REPUBLIKA.CO.ID, Warga Yogyakarta di Sorong Papua mendapatkan bantuan seperangkat alat pertunjukan wayang kulit beserta gamelannya.  Bantuan tersebut diserahkan oleh Gubernur DIY Paku Alam IX kepada Wakil Bupati Sorong Suko Harjono di Bangsal Wiyotoprojo Kepatihan Yogyakarta, Senin (16/3).

Menurut Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Sigit Sapto Raharjo, bantuan senilai Rp 500 juta untuk warga DIY (Daerah Istimewa Yogyakarta) yang tinggal di Sorong. Bantuan ini atas usulan dari para transmigran DIY yang ada di Sorong, ujarnya pada wartawan, usai acara serah terima bantuan tersebut di Kepatihan Yogyakarta.

Sebelumnya Pemda DIY telah memberikan bantuan untuk Pertanian. Menurut Wakil  Bupati Sorong Suko Harjono, sejak adanya program transmigrasi ke Sorong tahun 1986, kini sudah ada sekitar 1.000 kepala keluarga asal DIY yang tinggal di sana. Para transmigran di sana cukup berhasil dan bahkan ada yang menjadi anggota DPRD.

Suko yang berasal dari Pacitan Jawa Timur ini menyambut   baik pemberian gamelan dari Pemda DIY. Dia berharap dengan adanya bantuan peralatan seni wayang kulit ini,  budaya Jawa di Sorong diharapkan tetap lestari.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement