Ahad 15 Mar 2015 18:25 WIB

Indonesia Butuh Miliki Ahli Restorasi Lukisan

Pameran tunggal lukisan dan gambar Ipong Purnama Sidhi di Bentara Budaya Jakarta, Kamis (26/2).
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Pameran tunggal lukisan dan gambar Ipong Purnama Sidhi di Bentara Budaya Jakarta, Kamis (26/2).

REPUBLIKA.CO.ID, MAGELANG -- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengemukakan pentingnya Indonesia memiliki ahli restorasi lukisan untuk merawat dan melestarikan berbagai karya lukisan, khususnya peninggalan para maestro.

"Kita sudah banyak ahli restorasi candi, kita jagonya, sudah lumayan ada ahli konservasi batik, ahli restorasi kertas sudah ada. Yang ahli restorasi lukisan itu kita belum punya betul. Maka kita sedang mikir, ke depan harus mulai dilakukan," kata Direktur Jenderal Kebudayaan Kemendikbud Kacung Marijan di Magelang, Ahad (15/3).

Ia mengatakan hal itu setelah meresmikan hasil revitalisasi Museum Haji Widayat di Kota Mungkid, Ibu Kota Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Kemendibud membantu Rp 1,5 miliar untuk program revitalisasi museum peninggalan maestro pelukis, Widayat. Ribuan karya seni, peninggalan Widayat disimpan di museum tersebut, terutama berupa lukisan.

Ia mengatakan belum lama ini lukisan karya Raden Saleh juga direstorasi, akan tetapi olah ahli restorasi dari luar negeri karena Indonesia belum memiliki ahli restorasi lukisan.

Secara bertahap, katanya, upaya melahirkan ahli restorasi lukisan yang orang Indonesia sebagai hal yang penting.

"Kita ingin ke depan itu lebih kuat, misalnya, kita mengundang orang asing, kemudian di sini, orang itu sekaligus merestorasi, sekaligus mengajari. Bukan hanya sekadar melakukan restorasi, tetapi juga transfer ilmu kepada ahli indonesia," tuturnya.

Ia mengemukakan ahli restorasi lukisan setidaknya memiliki pengetahuan yang memadai terkait dengan lukisan, seperti bahan dan cat, keterampilan yang cukup, dan kesabaran yang kuat.

"Karena harus satu satu, titik demi titik untuk melakukan restorasi, bukan hanya mempunyai pengetahuan yang baik dan punya keterampilan yang baik, tapi juga harus mempunyai kesabaran yang luar biasa. Saya kira, kita inginkan orang yang demikian," ujarnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement