Sabtu 14 Mar 2015 12:27 WIB

Monorel Bandung Raya Gunakan Teknologi Eropa

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Didi Purwadi
Monorel (ilustrasi)
Foto: AP/John Raoux
Monorel (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Pemerintah Provinsi Jawa Barat sangat serius menciptakan moda tranportasi darat berbasis monorel. Meskipun bekerjasama dengan pemerintah Cina, namun teknologi yang akan digunakan adalah teknologi dari Eropa yakni Jerman dan Prancis.

Asisten Daerah Bidang Administrasi Pemprov Jabar, Iwa Karniwa, mengatakan ia sudah berkunjung ke negeri Cina untuk mencoba secara langsung monorel. Iwa mengaku sangat nyaman ketika menaiki moda transportasi tersebut.

''Meski kerja sama dengan Cina, monorel itu teknologinya dari Jerman dan Prancis. Saya pernah mencoba contoh monorel saat berkunjung ke Cina. Rasanya nyaman, tidak bising," ujar Iwa kepada wartawan di Gedung Sate, Bandung, Sabtu (14/3).

Menurut Iwa, pemerintah Cina tidak akan gegabah untuk memberikan teknologi. Karena, sistem monorel di Jabar bukan pengadaan barang melainkan business to business.

''Mereka juga tidak akan ceroboh dan rugi karena ini bukan pengadaan melainkan bisnis to bisnis. Uang satu sen pun akan dihitung," kata Iwa.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement