Senin 09 Mar 2015 20:14 WIB

Setiap 30 Menit, Bayi Badak Putih Menyusu pada Induknya

Bayi badak putih.
Foto: dok TSI Bogor
Bayi badak putih.

REPUBLIKA.CO.ID, CISARUA -- Jumlah satwa penghuni di area Taman Safari Indonesia (TSI) Cisarua Bogor bertambah. Ini terjadi menyusul kelahiran bayi jantan badak putih  (ceratotherium simum), Selasa, 10 Februari 2015 lalu.

Menurut penjaga (keeper) hewan ini, Poniran (40 tahun), setiap setengah jam, bayi badak putih ini menyusui pada induknya.

Untuk menambah nutrisi, Poniran pun menambahkan  pakan berupa kacang kacangan, wortel, dedaunan, pisang, serta biasanya diberikan rumput gajah sebanyak 100 kg per-harinya. Pemantauan pun terus dilakukan dengan melibatkan lebih dari lima keeper yang melakukan penjagaan siang-malam secara bergiliran.

Selain itu di area kandang juga ditempatkan beberapa CCTV yang dimaksudkan untuk memantau keadaan badak putih tersebut baik sebelum maupun sesudah kelahiran. Kegiatan pemantauan ini dilakukan selama beberapa waktu oleh tim dari TSI.

Ihwal kelahiran satwa langka ini, bermula pada 14 September 2013 lalu, dimana badak putih betina bernama Rimba (13 tahun) terpantau melakukan perkawinan dengan Merdeka yang juga lahir di TSI. Dengan masa birahi selama satu minggu, perkawinan tersebut berlangsung satu hari penuh, rata-rata terjadi setiap 30 menit.

Dua bulan setelah masa kawin, mulailah dilakukan pengamatan siklus 30 hari. Pemantauan dengan alat USG tersebut bukan hanya dilakukan oleh tim dari TSI seperti Dokter Hewan, staf Riset dan Konservasi, Kurator, serta para Keeper saja, namun juga melibatkan drh. Agil dari Institut Pertanian Bogor (IPB).

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement