Ahad 08 Mar 2015 18:39 WIB

Saat Ini, Harga Gas Melon Alami Kenaikan

Rep: Debbie Sutrisno/ Red: Erik Purnama Putra
Pekerja memindahkan sejumlah tabung gas 3 kilogram di salah satu agen di Jakarta, Senin (2/3).
Foto: Prayogi/Republika
Pekerja memindahkan sejumlah tabung gas 3 kilogram di salah satu agen di Jakarta, Senin (2/3).

REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR -- Setelah harga tabung gas 12 kilogram (kg) mengalami kenaikan, kini harga gas 3 kg atau biasa disebut melon juga ikut naik.

Yusrang, salah satu agen gas di Maccini Raya, Makassar menyebutkan, sudah satu bulan harga gas melon kerap naik turun. Dan, kata dia, saat ini harganya kembali mengalami kenaikan. Dari harga normal 13.500 per tabung, kini mulai naik turun di sekitaran Rp 13.700-15.500.

"Sekarang harga tidak menentu, kadang naik sedikit turun," ujarnya, Ahad (8/3). Dari harga tersebut pengecer yang biasa membeli gas di Yusrang menjual dengan keuntungan Rp 3 ribu hingga 4 ribu.

Wawan salah satu pengecer di jalan Pettarani menuturkan, pihaknya hanya bisa mengikuti harga pasar. Pasalnya dia tidak mungkin menahan harga ke pembeli saat agen menaikan harga gas.

"Ada dua harga yang saat ini dipakai. Kadang kita pakai Rp 17 ribu kadang Rp 18 ribu," ungkap Wawan.

Menurut Wawan, sejauh ini belum ada kelangkaan atau perpindahan dari pembeli yang biasa menggunakan gas biru beralih ke gas melon. Namun, dia khawatir hal tersebut akan terjadi dan membuat gas semakin langka jika harga kedua gas belum bisa dikontrol.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement