Ahad 01 Mar 2015 08:25 WIB

Ketika Pemuda Bulgaria Jatuh Cinta pada Indonesia

Harry Haralampiev
Foto: linkedin
Harry Haralampiev

REPUBLIKA.CO.ID,LONDON--Seorang pemuda Bulgaria, Harry Haralampiev, alumni sekolah Bahasa dan Budaya Indonesia (BSBI) menyatakan jatuh cinta dengan Indonesia dan ingin mengenal lebih jauh tradisi dan budaya Indonesia.

“Hal itu diungkapkan Harry Haralampiev yang berbagi pengalaman dengan mahasiswa Universitas Sofia Kelas Bahasa dan Budaya Indonesia di Universitas Sofia,” ungkap Fungsi Pensosbud KBRI Sofia, Dina Martina, Ahad (1/3).

Dengan gayanya yang khas dan santai Harry bercerita tentang pengalamannya selama berada di Indonesia dan menyatakan ketertarikannya pada Indonesia diawali ketika menghadiri ceramah Direktur Jenderal Amerop Kemlu Indonesia, Dian Triansyah Djani, di Kementerian Luar Negeri Bulgaria, 11 Desember tahun 2013 lalu.

"Masyarakat Indonesia adalah masyarakat yang hangat dan mudah bersosialisasi. Nilai-nilai yang terdapat pada tradisi Indonesia merupakan nilai-nilai universal yang dapat dicontoh oleh masyarakat lnternasional lainnya,"ujar Harry.

Tawaran KBRI untuk menjadi salah satu calon peserta BSBI, pada akhirnya membawanya bergabung dengan teman-teman lainnya dari berbagai negara di salah sanggar tari di Surabaya.

Harry mengatakan dirinya merasa beruntung karena pada saat berada di Indonesia, masyarakat Indonesia tengah disibukkan dengan Pemilu Parlemen dan Presiden sehingga dirinya dapat mengamati perkembangan dan situasi politik Indonesia ketika itu.

Harry pun sempat menulis artikel terkait pemilu tersebut yang dimuat di majalah on line yang dikelolanya. Di bidang ekonomi, disampaikan antara lain bahwa Indonesia mempunyai potensi yang sangat besar dan merupakan salah satu negara anggota G-20.

Menurut Harry, meskipun sebagian besar rakyat Indonesia adalah muslim, namun pengaruh budaya hindu masih terlihat pada sebagian tradisi mereka seperti pada upacara pernikahan, yang menjadikannya nampak unik.

Harry juga mengajak mahasiswa mengunjungi Indonesia untuk membuktikan ucapannya. Menanggapi pertanyaan Harry terkait motivasi para mahasiswa memilih Kelas Bahasa dan Budaya Indonesia, sebagian besar mahasiswa terus terang menyampaikan bahwa awalnya mereka memilih Kelas Bahasa dan Budaya Indonesia hanya untuk memenuhi nilai kredit semester.

Namun ketika telah bergabung ternyata banyak hal menarik dari Indonesia yang perlu diketahui lebih jauh. Bahkan saat ini mereka telah jatuh cinta dengan alat musik angklung dan telah dua kali membantu KBRI tampil di Festival di Bulgaria.

Harry mengakui peran mahasiswa pada Kelas Budaya dan Bahasa Indonesia sangat penting bagi hubungan Indonesia Bulgaria di masa depan.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Apakah internet dan teknologi digital membantu Kamu dalam menjalankan bisnis UMKM?

  • Ya, Sangat Membantu.
  • Ya, Cukup Membantu
  • Tidak
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement