Sabtu 28 Feb 2015 19:12 WIB
Islamic Book Fair 2015

Kualitas Buku Indonesia tak Kalah dengan Eropa

Rep: C08/ Red: Yudha Manggala P Putra
  Suasana pengunjung pameran pada hari pertama Islamic Book Fair (IBF) 2015 di Istora Senayan, Jakarta, Jum`at (27/2).   (foto : MgROL_37)
Suasana pengunjung pameran pada hari pertama Islamic Book Fair (IBF) 2015 di Istora Senayan, Jakarta, Jum`at (27/2). (foto : MgROL_37)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mantan Wakil Menteri Agama Nazaruddin Umar mengatakan kualitas buku Indonesia sudah mengalami peningkatan pesat. Nazaruddin yang juga bertindak selaku ketua dewan juri pada ajang Islamic Book Award ini melihat kualitas buku karya penulis-penulis Indonesia tak kalah dengan buku-buku yang dihasilkan penulis internasional.

"Kualitas perbukuan Indonesia tak kalah dengan kualitas buku di negara maju seperti Eropa, Amerika, Mesir dan negara-negara Timur Tengah lain," kata Nazaruddin, Sabtu (28/2).

Nazaruddin secara detail memperhatikan tulisan memiliki analisis yang sama baiknya dengan buku penulis internasional. Begitu juga referensi yang digunakan oleh penulis Indonesia juga sama-sama digunakan oleh penulis luar negeri.

"Ilmu penulis Indo tak jauh beda dengan penulis asing, meskipun kita sarjana lokal, tapi apa yang kita kutip sama saja dengan sarjana internasional," ujar dia.

Nazariddin mengklaim anggapan peningkatan kualitas penulis dan perbukuan Indonesia juga diamini seluruh dewan juri Islamic Book Award yang lain.

Seperti diketahui salah satu rangkaian acara Islamic Book Fair adalah ajang Islamic Book Award. Penghargaan Buku Islam Terbaik itu dibagi menjadi tujuh kategori, yakni fiksi anak, fiksi dewasa, nonfiksi anak, nonfiksi dewasa, terjemahan, desain sampul terbaik dan ilustrasi terbaik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement