Rabu 25 Feb 2015 17:16 WIB

Dukungan Zulkifli Hasan Diklaim 75 Persen

Rep: Agus Raharjo/ Red: Erik Purnama Putra
Calon ketum PAN Zulkifli Hasan didukung mantan ketum PAN Sutrisno Bachir (kanan).
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Calon ketum PAN Zulkifli Hasan didukung mantan ketum PAN Sutrisno Bachir (kanan).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menjelang pelaksanaan Kongres Nasional IV Partai Amanat Nasional (PAN) 2015, klaim dukungan terus terjadi. Pendukung calon ketua umum Zulkifli Hasan mengklaim dukungan untuk Ketua MPR tersebut sudah mencapai 75 persen. Hal itu dikatakan oleh Ketua DPD PAN Aceh Fauzi Yahya.

Menurutnya, pendukung Zulkifli optimistis calonnya menang dalam perebutan kursi ketua umum. Pasalnya, dukungan untuk Zulkifli mulai mengalir, beberapa hari menjelang kongres. Fauzi mengatakan, dukungan ke Zulkifli semakin kuat dengan merapatnya DPD dari wilayah Sumatra Utara, Sumatra Barat, Papua, NTT, dan NTB.

Saat ini, diperkirakan dukungan untuk Zulkifli Hasan sekitar 70-75 persen. "Kami optimis Zulkifli Hasan akan mampu meraih suara terbanyak di kongres nanti dan menjadi ketua umum periode 2015-2020," kata Fauzi dalam keterangan persnya kepada wartawan, Rabu (25/2).

Ketua DPD PAN Indragiri Hilir Riau, Zainal Abidin mengatakan, dukungan kader PAN di Riau diberikan pada Zulkifli Hasan. Zainal melihat dukungan pada Zulkifli Hasan terus meningkat menjelang pelaksanaan kongres di Bali.

Sebab itu, DPD Riau optimis Zulkifli Hasan akan terpilih menjadi ketum PAN. "Teman-teman Riau melihat visi politik Bang Zul (Zulkifli Hasan) yang akan melakukan transformasi di tubuh PAN membuat DPD Riau memilih beliau," kata Zainal.

Klaim dukungan Zulkifli Hasan yang semakin menguat juga datang dari wilayah Pulau Jawa. Ketua DPD PAN Gresik, Khomsun mengatakan hingga beberapa hari menjelang konggres di Bali, dukungan dari Pulau Jawa untuk Zulkifli Hasan mencapai 70 persen.

Dukungan dari Pulau Jawa itu datang karena DPD PAN di Jawa melihat sosok Zulkifli sebagai orang yang komunikatif, sederhana, serta familiar di hadapan kader. Menurut Khomsun, mantan menteri kehutanan itu menjadi sosok yang dibutuhkan PAN untuk dapat melakukan transformasi di tubuh PAN.

Ketua DPD PAN Gresik, Khomsum mengatakan pihaknya mendukung Zulkifli Hasan untuk menyelamatkan PAN hingga 5 tahun kedepan. Dukungan dari Pulau Jawa untuk Zulkifli diklaim oleh Khomsun sebesar 70 persen. "Untuk Jawa Timur saja, dari 40 suara, ada 35 suara yang sudah ke Zulkifli Hasan," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement