REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Perhubungan Ignasius Jonan meminta maskapai Lion Air segera membentuk Standar Operating Procedure (SOP) dalam menanangai krisis yang terjadi terkait pelayanan kepada penumpang.
''Karena maskapai Lion Air ini, mungkin kurang lebih, jumlah penumpangnya lebih besar dari Garuda. Ini harus ada SOP penanganan krisis kepada penumpang. Seperti misalnya di Garuda ada, di kereta api ada, dan di Pelni ada. Kan, ini kan bukan perusahaan kecil,'' kata Jonan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Jumat (20/2).
Surat teguran itu yang telah dikirimkan pagi ini, ujar Jonan, berisi tentang bagaimana kemampuan Lion Air untuk mengatasi gangguan pelayanan terhadap penumpang.
Selain itu, Kemenhub memanggil manajemen Lion Air guna memberikan paparan dan analisa serta penjelasan soal penanganan pelayanan kepada penumpang apabila terjadi gangguan penerbangan.