Kamis 19 Feb 2015 19:09 WIB
Tahun Baru Imlek

Masyarakat Tionghoa Makassar Rayakan Imlek dengan Berdoa

Rep: Debbie Sutrisno/ Red: Ani Nursalikah
Sejumlah warga keturunan Tionghoa menerbangkan lentera pada malam menjelang Tahun Baru Imlek di kawasan Vihara Maitreya
Foto: Antara
Sejumlah warga keturunan Tionghoa menerbangkan lentera pada malam menjelang Tahun Baru Imlek di kawasan Vihara Maitreya

REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR -- Aktivitas warga Tionghoa menyambut Tahun Baru Imlek banyak dilakukan dengan memanjatkan doa. Di kota Makassar, di Jalan Sulawesi yang merupakan perkampungan warga etnis Tionghoa, diwarnai keluar masuknya warga berdoa di klenteng.

Salah satu klenteng yang ramai dikunjungi, yaitu Xian Ma dan Kwan Kong. Dua klenteng besar ini menjadi pusat aktivitas warga etnis Tionghoa untuk berdoa.

Bahkan sejak pagi hari orang dewasa berbondong-bondong memasuki klenteng. Banyak di antara mereka yang membawa sanak keluarga termasuk anak-anak untuk turut berdoa.

Selain warga Tionghoa, ternyata banyak warga setempat yang datang mengunjungi klenteng tersebut. Banyak dari mereka justru memanfaatkan momen ini dengan berfoto.

Iin Nurfahraeni misalnya. Dia bersama kedua temannya sengaja mendatangi klenteng untuk berfoto saat banyak warga Tionghoa berdoa merayakan Imlek.

"Kan acaranya setahun sekali jadi seru aja. Sekalian kita juga ikut memberikan ucapan selamat kepada mereka atas ajaran agama yang mereka tekuni," ujar Iin, Kamis (19/2).

Di tempat lain, beberapa minimarket mengadakan pertunjukan Barongsai. Di kawasan Hertasning terdapat minimarket yang menjadikan perayaan Imlek untuk menarik konsumen datang ke tempat mereka. Bukan hanya menyajikan pertunjukan Barongsai, minimarket tersebut juga didesain sedemikian rupa dengan pernak-pernik Imlek.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement