Selasa 17 Feb 2015 09:46 WIB

Siapa Menteri Paling Populer di Twitter?

Rep: rr laeny sulistywati/ Red: Citra Listya Rini
Marwan Jafar
Foto: Republika/Wihdan
Marwan Jafar

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Marwan Jafar menempati posisi puncak sebagai menteri paling populer di jejaring sosial Twitter dibandingkan 33 menteri Kabinet Kerja pemerintah Presiden Joko Widodo.

Ini berdasarkan pemantauan platform media monitoring Evello pada periode 7 hingga 13 Februari 2015. Popularitas Marwan melewati Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti yang biasanya menjadi berada di posisi pertama.

"Ini peningkatan yang sangat signifikan dibanding periode sama bulan Januari di mana Marwan Jafar berada di peringkat 16," kata CEO Evello, Dudy Rudianto, Senin (16/2).

Ia menyebutkan, total mention Twitter Menteri Marwan sebanyak 3.843. Kemudian disusul Susi sebanyak 2.962, dan Menteri Perindustrian, Saleh Husin di posisi ketiga sebanyak 1.270.

Pada periode 7–13 Februari 2015, berdasarkan pantauan Evello, isu tentang desa, pembangunan daerah tertinggal dan transmigrasi mendapat sorotan luas di publik.  "Sehingga menjadi pendorong pembicaraan tentang Marwan Jafar," ujar Dudy.

Hasil pemantauan Evello selama tiga pekan terakhir, kata Dudy, terjadi 'persaingan' antara Menteri Marwan dengan Menteri Susi. Pada pekan keempat Januari, Menteri Marwan di peringkat teratas. Namun, pada pekan pertama Februari, Menteri Susi berada teratas dan Menteri Marwan posisi ke delapan.

"Pembicaraan tentang pembangunan desa, dana desa serta infrastruktur menjadi sentimen positif yang mengangkat popularitas Marwan," kata Dudy.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement