Ahad 15 Feb 2015 14:38 WIB

Bulog Mulai Salurkan Raskin 2015

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Dwi Murdaningsih
Stok Raskin (ilustrasi)
Foto: ANTARA FOTO
Stok Raskin (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Kantor Bulog Sub Divre IV Banyumas yang membawahi empat kabupaten di wilayah eks Karesidenan Banyumas, mulai menyalurkan beras program raskin periode tahun 2015. "Untuk Kabupaten Banyumas, penyaluran raskin sudah selesai Sabtu (14/2) kemarin. Untuk Kabupaten Purbalingga, Cilacap dan Banjarnegara, mulai pekan depan,'' kata Humas Bulog Sub Divre IV Banyumas, Priyono, Ahad (15/2).

Dia menyebutkan, penyaluran raskin dilakukan setelah ada pengajuan permintaan dari masing-masing Pemkab dan juga surat keputusan dari Gubernur. "Surat dari gubernur sudah turun, dan Pemkab sudah mengajukan permintaan penyaluran raskin. Karena itu, kita baru menyalurkan pada pekan kemarin,'' tambahnya.

Meski demikian dia menyatakan, penyaluran raskin yang dilakukan di empat kabupaten ini, merupakan penyaluran untuk satu bulan. Tidak ada penyaluran yang dirapel dua bulan, dengan jatah bulan Januari.

Priyono menyebutkan, jatah raskin untuk RTS (Rumah Tangga Sasaran) di wilayah eks Karesidenan Banyumas, untuk yang Bulan Januari 2015 memang belum dibagikan. ''Memang pada Bulan Januari kita juga menyalurkan beras pada warga sesuai data penerima dengan jumlah RTS yang sama, jatah beras yang sama dan harga tebus yang sama. Namun pada beras yang dibagikan tersebut, bukan dalam program raskin. Tapi merupakan program yang dilaksanakan Kementerian Perdagangan. Karena itu, setiap RTS memang masih punya jatah satu kali penyaluran raskin,'' katanya.  

Meski demikian soal kenapa penyalura raskin tidak dirapel pada bulan Februari ini, Priyono menyebutkan, hal itu karena permintaan masing-masing pemkab. ''Di eks Karesidenan Banyumas, tidak ada Pemkab yang minta penyaluran raskin dirapel pada bulan ini. Karena itu, raskin yang kita salurkan juga hanya untuk satu bulan," ujarnya. 

Soal kuota raskin yang disalurkan, Priyono mengungkapkan, jumlahnya sama dengan kuota tahun lalu. Dalam hal ini, jatah raskin yang disalurkan untuk empat kabupaten tetap sekitar 6,25 ribu ton untuk 415.333 RTS. Dengan jatah 15 per kg per RTS, jumlah RTS yang mendapat raskin di Kabupaten Banyumas tercatat 124.442 KK, Kabupaten Cilacap ada 140.943 KK, Kabupaten Purbalingga sebanyak 96.497 KK, dan Kabupaten Banjarnegara sebanyak 81.878 KK.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement