Sabtu 14 Feb 2015 08:43 WIB

Indonesia Dukung Penyelesaian Konflik di Ukraina

Rep: Dessy Suciati Putri/ Red: Yudha Manggala P Putra
Pertempuran di Bandara Donetsk, Ukraina.
Foto: Newsweek
Pertempuran di Bandara Donetsk, Ukraina.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah Indonesia turut menyambut baik hasil perundingan yang telah dicapai dalam pertemuan empat negara, yakni Rusia, Ukraina, Jerman dan Prancis di Minsk, Republik Belarus pada 12 Februari kemarin. Hasil pertemuan ini menunjukan kepada dunia internasional atas kuatnya keinginan semua pihak dalam menghentikan ketegangan di Ukraina.

Berdasarkan siaran pers dari Kemenlu RI yang diterima oleh Republika, Indonesia memberikan dukungannya terhadap upaya untuk meredakan ketegangan serta upaya penyelesaian sengketa secara damai. Indonesia pun berharap agar digelar pertemuan lanjutan yang dapat menyelesaikan konflik dan membawa perdamaian di Ukraina.

Hasil perundingan tersebut diharapkan dapat menjadi awal bagi upaya penyelesaian damai terkait isu keamanan di Ukraina. Pemerintah Indonesia juga akan tetap memberikan dukungannya terhadap upaya implementasi kesepakatan tersebut.

Sebelumnya, para pemimpin Ukraina, Rusia, Jerman, dan Prancis telah sepakat untuk mengakhiri peperangan di Ukraina. Selain itu, mereka juga akan menarik pasukan yang bertempur di dekat perbatasan Rusia, melakukan pertukaran tawanan, serta gencatan sejata mulai Minggu, 15 Februari.

Kesepakatan ini tercapai setelah perundingan yang dilakukan selama lebih dari 17 jam di Minsk, Belarusia. Hasil perundingan untuk mengakhiri pertempuran di Ukraina ini pun mendapat pujian dari Sekjen PBB Ban Ki-moon serta pemimpin dunia lainnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement