Jumat 13 Feb 2015 22:19 WIB

Ketum Baru Harus Bawa PAN Bergerak Lebih Gesit

Bendera Partai Amanat Nasional
Foto: Yogi Ardhi/Republika
Bendera Partai Amanat Nasional

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Partai Amanat Nasional (PAN) akan memilih ketua umum baru dalam kongres yang akan digelar pada 28 Februari mendatang di Bali.

Bupati Bojonegoro yang juga kader PAN, Suyoto berharap pemimpin yang terpilih nanti dapat membawa perubahan pada partai. 

"PAN sudah membiasakan diri dengan tahapan lima tahunan. Dan ini semua berjalan baik. Akan tetapi, tahun-tahun ke depan PAN perlu penyegaran, suasana yang lebih segar, rileks dan tidak banyak formalitas," kata dia.

Bupati yang meraih penghargaan dalam ajang APEC 2013 untuk kategori Suistanable Development Initiative Award ini mengatakan, hal tersebut penting agar ketua umum dapat mengantisipasi dinamika lingkungan politik nasional ke depan.

"Saya melihat rakyat cepat bosan dan menginginkan perubahan. Kalau PAN menampilkan wajah dan cara pola yang sama, PAN itu sulit naik dan mudah turun," katanya.

Jika PAN ingin tampil membela rakyat, katanya, partai harus dapat bergerak gesit. PAN harus menjadi bagian dari rakyat dengan tema-tema kerakyatan.

"Tidak boleh elitis, connect dengan problem rakyat. Artinya, PAN membutuhkan new governance untuk merespons tuntutan publik yang beragam," kata dia.

Karena itu, kata dia, PAN harus muncul dengan gerakan dan tampilan yang berbeda melalui simbolisasi wajah baru.

"Dalam konteks komunikasi politik, Zulkifli Hasan memiliki karakter tersebut," kata dia. 

"Bukan berarti wajah-wajah yang lama tidak bagus. Akan tetapi, ini semua terkait dengan sentimen publik. Sebagai partai, PAN harus ikhlas dan bersama-sama merumuskan bentuk simbolisasi yang membawa semangat kebaruan tersebut," ujarnya dalam pernyataan tertulis. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement