Jumat 13 Feb 2015 17:51 WIB

Potensi Kepulauan Bisa Dimanfaatkan untuk Wisata

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Marwan Jafar.
Foto: Republika/Tahta Aidilla
Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Marwan Jafar.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Masyarakat desa di daerah kepulauan harus menjadi garda depan dalam mengelola potensi kepulauan. Potensi kepulauan di Indonesia, menurut Menteri Desa PDTT Marwan Jafar, bisa dimanfaatkan untuk wisata dan mempertahankan ketahanan pangan di sektor maritim.

"Banyak pulau-pulau indah di Indonesia yang masih belum terawat secara baik. Masyarakat desa seharusnya bisa menjadi garda depan dalam pengelolaan potensi kepulauan," ujar Marwan di Jakarta, Jumat, (13/2).

Pengelolaan potensi desa wisata di daerah kepulauan, harus menunjang upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat daerah setempat. "Upaya pengelolaan potensi desa di daerah kepulauan sebagai desa wisata, harus tetap mementingkan kesejahteraan masyarakat setempat dan memberdayakan SDM yang ada di daerah tersebut,” ujarnya.

Desa di daerah kepulauan, menurut dia, bisa memberdayakan alam laut dan SDM setempat sebagai pengelola usaha desa wisata bahari.

"Diharapkan akan mampu menambah daya tarik wisatawan yang ingin berkunjung ke daerah tersebut. Konsep desa wisata bahari di pulau kecil, harus tetap memanfaatkan potensi yang ada di wilayah tersebut, baik potensi laut maupun SDM," kata politikus PKB tersebut.

Pemerintah, imbuh Marwan, akan memfasilitasi pengembangan konsep desa wisata berbasis pulau kecil, dengan membentuk kelembagaan desa.

“Artinya, perlu adanya lembaga desa untuk melakukan kegiatan wisata yang ada di desa tersebut yang juga dikelola oleh masyarakat setempat agar ada tata kelola yang baik,” katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement