Kamis 12 Feb 2015 23:58 WIB
Realisasikan Kebun Bunga di Yon Zipur 9 Bandung

Ridwan Kamil Bangkitkan Ekonomi Rakyat Berbasis Pariwisata

Rep: rachmat / Red: Rahmat Santosa Basarah
Walikota Bandung Ridwan Kamil saat meninjau Kebun Pembibitan Bunga di Doi Tung, Chiang Rai, Thailand, Kamis (12/2)
Walikota Bandung Ridwan Kamil saat meninjau Kebun Pembibitan Bunga di Doi Tung, Chiang Rai, Thailand, Kamis (12/2)

REPUBLIKA.CO.ID,

CHIANG RAI—Walikota Bandung Ridwan Kamil  terus mengembangkan Ekonomi  Kerakyatan Kreatif. Salah satunya adalah dengan membangkitkan ekonomi masyarakat dengan berbasis pariwisata. ‘’Nah salah satu gagasannya adalah membuat sebuah area yang dikonversi . Yang semula merupakan area yang kurang bermanfaat, dibuat menjadi sebuah Kebun  Bunga,’’ tandas Ridwan Kamil di sela-sela kunjungannya ke Chiang Rai, Thailand, Kamis (12/2). Kunjungan ini salah satunya adalah untuk studi banding rencana pembangunan kebun bunga terpadu di Bandung.

Diungkapkan Kang Emil, sapaan akrab Ridwan kamil, bahwa kota Bandung merupakan kota wisata dengan kunjungan wisatawan sebanyak enam juta turis pertahun.  Tapi di sisi lain masih banyak masyarakat yang hidup di bawah kesejahteraan. Dengan adanya kebun bunga yang merupakan multi destinasi, menurut Kang Emil akan membuat masyarakat di sekitarnya akan berkembang dari sisi perekonomian dan kesejahteraannya.

Perkebunan Bunga multi destinasi ini akan dibangun di Bandung Timur, Bandung Utara, Bandung Selatan dan Bandung Barat. Masing-masing satu Perkebunan Bunga Terpadu. ‘’Yang akan kita kerjakan adalah sepuluh hektar dulu di Bandung Timur,’’ ungkap Kang Emil seperti dilaporkan wartawan Republika Rachmat Santosa Basarah dari Doi Tung, Chiang Rai, Thailand.

Sesaat usai meninjau Mae Fah Luang Garden di Doi Tung, Chaing Rai, Walikota Ridwan Kamil langsung melakukan pertemuan internal dengan sejumlah kepala dinas dan anggota dewan serta  tim teknis, mematangkan rencana pembuatan kebun bunga ini di Bandung. ‘’Targetnya adalah dalam enam bulan ke depan atau bulan Agustus, sudah bisa dilakukan Ground Breaking,’’ tegas Kang Emil.

Dikatakannya, lahan yang akan dibangun perkebunan dan Taman  Bunga terpadu itu merupakan lahan milik TNI, melalui Yon Zipur 9. Dengan kehadiran kebun bunga di tempat itu, tentunya masyarakat sekitar akan berkembang secara ekonomi dan kesejahteraan. ‘’Pergeseran pusat ekonomi yang kini banyak di tengah, kita arahkan ke Bandung Timur,’’ tandas Kang Emil yang menurutnya sudah mendapat restu dari KSAD.

Pada kesempatan yang sama, Komandan Yon Zipur 9 Bandung, Mayor Bambang Iswandaru mengungkapkan bahwa Kesatuan Yon Zipur 9 memiliki lahan seluas 55 hektar. ‘’Ada sekitar 18 hektar yang bisa dimanfaatkan,’’ tandas Bambang. Pihaknya menyambut baik dan mendukung rencana Pemkot Bandung tersebut.

Sementara itu Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung, Herlan JS menegaskan bahwa kehadiran Kebun Bunga itu nantinya akan menambah destinasi wisata di Kota Bandung.  ‘’Bandung khan identik dengan Kota Kembang. Tapi selain di Cihideung, belum ada tempat yang benar-benar menjadi ciri khas atau identitas sebagai Kota kembang,’’ tandas Herlan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement