Selasa 10 Feb 2015 21:26 WIB

Ada Pengurus PMI yang tak Tahu Tugasnya

Red: Ilham
 Beberapa petugas Palang Merah Indonesia (PMI) Sulut membantu warga menyeberangai banjir di Kelurahan Wenang, Manado, Sulawesi Utara, Rabu (15/1).
Foto: Antara/Fiqman Sunandar
Beberapa petugas Palang Merah Indonesia (PMI) Sulut membantu warga menyeberangai banjir di Kelurahan Wenang, Manado, Sulawesi Utara, Rabu (15/1).

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Bupati Malang, Rendra Kresna mengaku ada pengurus Palang Merah Indonesia (PMI) di wilayahnya yang tidak tahu tugasnya, bahkan tidak paham apa itu PMI. Padahal, organisasi kemanusiaan itu telah digelutinya sejak lama.

"Tidak semua pengurus PMI itu tahu tugasnya dan paham tentang organisasinya. Masak ada pengurus PMI kecamatan, tidak tahu wilayahnya sedang terjadi bencana alam, kalau kondisi seperti ini dibiarkan berlarut-larut, PMI akan mendapatkan penilaian negatif dari masyarakat," kata Rendra ketika membuka bimbingan teknis (bimtek) bagi pengurus PMI kecamatan, Selasa (10/2).

Rendra yang juga Ketua PMI Kabupaten Malang itu menegaskan pentingnya berkumpul dan saling berkoordinasi antar pengurus PMI kecamatan di seluruh wilayah Kabupaten Malang. Saat ini, belum semua PMI di kecamatan mampu memberdayakan dan mengoptimalkan peran serta tugas relawan di wilayah masing-masing.

Padahal, di setiap wilayah kecamatan ada organisasi relawan yang cukup beragam, seperti Palang Merah Remaja (PMR), Tenaga Sukarela (TR), Satgana, Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (Sibat), serta organisasi kemanusiaan lainnya.

Oleh karena itu, perlu bimtek dan harus ditindaklanjuti di tingkat kecamatan agar seluruh pengurus PMI bisa memahami tugas pokok dan fungsinya. Sehingga komunikasi maupun kegiatann dan kejadian di wilayah masing-masing bisa tertangani secara optimal.

"Ke depan, jangan sampai ada pengurus yang tidak tahu apa itu PMI dan tidak paham tugas-tugasnya," kata Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Malang tersebut.

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَلْيَسْتَعْفِفِ الَّذِيْنَ لَا يَجِدُوْنَ نِكَاحًا حَتّٰى يُغْنِيَهُمُ اللّٰهُ مِنْ فَضْلِهٖ ۗوَالَّذِيْنَ يَبْتَغُوْنَ الْكِتٰبَ مِمَّا مَلَكَتْ اَيْمَانُكُمْ فَكَاتِبُوْهُمْ اِنْ عَلِمْتُمْ فِيْهِمْ خَيْرًا وَّاٰتُوْهُمْ مِّنْ مَّالِ اللّٰهِ الَّذِيْٓ اٰتٰىكُمْ ۗوَلَا تُكْرِهُوْا فَتَيٰتِكُمْ عَلَى الْبِغَاۤءِ اِنْ اَرَدْنَ تَحَصُّنًا لِّتَبْتَغُوْا عَرَضَ الْحَيٰوةِ الدُّنْيَا ۗوَمَنْ يُّكْرِهْهُّنَّ فَاِنَّ اللّٰهَ مِنْۢ بَعْدِ اِكْرَاهِهِنَّ غَفُوْرٌ رَّحِيْمٌ
Dan orang-orang yang tidak mampu menikah hendaklah menjaga kesucian (diri)nya, sampai Allah memberi kemampuan kepada mereka dengan karunia-Nya. Dan jika hamba sahaya yang kamu miliki menginginkan perjanjian (kebebasan), hendaklah kamu buat perjanjian kepada mereka, jika kamu mengetahui ada kebaikan pada mereka, dan berikanlah kepada mereka sebagian dari harta Allah yang dikaruniakan-Nya kepadamu. Dan janganlah kamu paksa hamba sahaya perempuanmu untuk melakukan pelacuran, sedang mereka sendiri menginginkan kesucian, karena kamu hendak mencari keuntungan kehidupan duniawi. Barangsiapa memaksa mereka, maka sungguh, Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang (kepada mereka) setelah mereka dipaksa.

(QS. An-Nur ayat 33)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement