Jumat 06 Feb 2015 18:17 WIB

Kriminalisasi Samad Diduga Karena tak Mau Barter Kasus

Ketua KPK Abraham Samad.
Foto: Republika/Wihdan H
Ketua KPK Abraham Samad.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Aroma kriminalisasi terhadap Ketua KPK Abraham Samad semakin kentara. Apalagi terdapat sejumlah kejanggalan dalam kesaksian Plt Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto dan politikus Nasdem Zainal Tahir di hadapan anggota Komisi III DPR tentang ketua KPK itu.

"Aroma kriminalisasi tidak bisa dihindarkan," kata Direktur Institute for Transformation Studies (Intrans) Saiful Haq dalam keterangan tertulisnya, Jumat (6/2).

Saiful menyebutkan sejumlah kejanggalan tersebut. Pertama, kata dia, soal Zainal Tahir yang merasa dirinya terusik karena melihat foto

Samad dengan Feriyani Lim yang ia ambil pada Februari 2007 tersebut beredar di publik. Saiful Haq heran, kenapa baru sekarang Zainal merasa terusik. "Yang mengherankan adalah, jika dirinya terusik dengan alasan moral untuk menyampaikan kebenaran, mengapa Zainal Tahir tidak mengeluarkan foto tersebut ketika Panitia Seleksi KPK memberikan kesempatan kepada masyarakat mengajukan sanggahan ketika proses seleksi dilakukan," ujarnya.

Selain itu, Saiful Haq juga menyoroti pengakuan Zainal bahwa dia mengambil gambar tersebut menggunakan kamera Nokia E90 berwarna cokelat yang telah terkelupas lapisan luarnya. Padahal, kata Saiful, Nokia sendiri baru merilis seri tersebut pada Juli 2007.

Belum lagi jika ditanyakan, bagaimana Zainal bisa tahu, bahwa foto yang diambil Februari 2007 tersebut sama persis dengan foto yang kini beredar di publik. Padahal menurut Zainal, handphone tersebut hilang di Senayan City pada tahun 2012. Sementara dia mengaku bahwa foto tersebut tidak pernah disebarkan sekalipun kepada siapapun. "Atas dasar terebut, seluruh kesaksian Zainal Tahir, patut untuk dicurigai sebagai upaya kriminilasasi terhadap Abraham Samad," kata Saiful Haq.

Sedangkan, soal kesaksian Hasto, Saiful Haq mengingatkan, bahwa komisioner KPK hanya dilarang bertemu dengan pihak yang sedang berkasus. "Pertemuan pertama Hasto dengan Samad, terjadi di rumah Abraham Samad. Masihkah kita percaya bahwa yang menginisiasi pertemuan tersebut adalah Samad? Jelas kedatangan Hasto untuk merayu Samad menjadi cawapres Jokowi," katanya.

Lalu, lanjut Saiful, tuduhan bahwa Abraham Samad ingin membarter kasus tertentu agar dapat menjadi capwares Jokowi, juga sangat sulit dipercaya. Ditambah lagi tuduhan Hasto bahwa Samad dendam kepada PDIP karena tidak ditunjuk sebagai cawapres Jokowi juga berlebihan. "Bagaimana jika dibalik, bahwa PDIP justru panik karena Abraham Samad tidak bersedia membarter kasus tertentu yang berkaitan dengan PDIP. Atas dasar itu PDIP mengurungkan niat untuk memasangkan Samad dengan Jokowi. Saya kira motif ini jauh lebih kuat ketimbang Samad yang sakit hati kepada PDIP," ujar Saiful Haq.

Sebelumnya, sejumlah anggota Komisi III DPR juga tidak percaya kesaksian Zainal Tahir dan merasa belum puas dengan keterangan Hasto. Bahkan, Ketua Komisi III DPR Aziz Syamsuddin mengingatkan Hasto bahwa ada konsekuensi yang harus ditanggung Hasto jika pernyataannya terbukti rekayasa. "Kalau tidak ada bukti, itu Hasto bisa fitnah dan mendegradasi KPK. KPK inikan dilindungi UU. Kalau pernyataan itu tidak benar berarti dia degradasi, kami Komisi III harus menjaga KPK, Polri, dan Kejaksaan," tegas Aziz.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement