Kamis 29 Jan 2015 08:47 WIB

Pemkab Bandung Libatkan TNI AD Sukseskan Swasembada Pangan

Rep: C80/ Red: Erik Purnama Putra
Petani di persawahan di Weleri, Kendal, Jateng, Senin (29/12).
Foto: Republika
Petani di persawahan di Weleri, Kendal, Jateng, Senin (29/12).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung menyatakan siap melaksanakan intruksi Presiden Joko Widodo untuk mensukseskan program swasembada pangan pada tiga tahun mendatang.

Dalam mewujudkan program tersebut, Pemkab Bandung menggandeng TNI AD untuk mengerahkan seluruh kekuatannya termasuk Babinsa (Bintara Pembina Desa), yang tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Bandung.

Bupati Bandung, Dadang M Naser mengatakan, dilibatkannya Babinsa dalam program swasembada pangan, merupakan hal yang sangat membantu pemerintah daerah dalam melindungi dan mengawal semua aktivitas pertanian di wilayahnya.

Dadang menambahkan, untuk mencapai keberhasilan peningkatan pembangunan di sektor pertanian, diperlukan kerjasama berbagai kalangan dalam hal ini petani, pemerintah, lembaga peneliti, ilmuwan, inovator, akademik, dan swasta.

"Termasuk unsur TNI yang bisa membantu dalam hal pengamanannya," ujarnya pada 'Gerakan Menanam Padi Sabilulungan bersama TNI, Polri dan Masyarakat' di Desa Cukanggenteng, Kecamatan Pasirjambu, Rabu (29/1).

Dia berharap, kerjasama yang dijalin dengan TNI AD ini dapat memberikan semangat dan rasa aman bagi para petani. "Sehingga mereka mampu mengejar musim tanam yang sudah dimulai dan meningkatkan produktivitas untuk percepatan swasembada pangan," kaanya.

Sementara itu, Dandim 0609 Kabupaten Bandung, Letkol Tri Sugianto mengatakan, pihaknya siap mengikuti rencana yang sudah dicanangkan oleh pemerintah pusat, dengan cara mengerahkan personelnya dan segala fungsinya.

Sugianto menjelaskan, sesuai dengan tugas kewilayahan Babinsa, mereka sangat berperan penting dalam mendukung kesuksesan program swasembada pangan.

"Perlu Saya jelaskan, fungsi Babinsa di sini tidak mengambil alih peran para penyuluh pertanian. Tugas dan fungsi mereka adalah melakukan pendampingan kepada para petani dengan cara memotivasi, mengawasi, serta mengamankan pelaksanaan kegiatan pertanian di Kabupaten Bandung," ujar Tri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement