Selasa 27 Jan 2015 23:59 WIB

Pertagas Siap Pasok Gas ke Industri Sumut

Jaringan Pipa Gas, Pertagas (Pertamina Gas)
Foto: ROL/Agung Sasongko
Jaringan Pipa Gas, Pertagas (Pertamina Gas)

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- PT Pertamina Gas atau Pertagas siap mendukung program pemerintah membangun infrastruktur pendukung bagi industri di Sumatera Utara.

"Pertagas akan bertugas memasok kebutuhan gas bagi KIM (Kawasan Industri Medan) dan KEK (Kawasan Ekonomi Khusus) di Sei Mangkei, Sumut (Sumatera Utara)," kata President Director Pertagas. Hendra Jaya, di Batubara, Selasa.

Dia mengatakan itu terkait dengan diresmikannya proyek infrastruktur pendukung pipa distribusi gas dan "metering system" milik Pertagas oleh Presiden Joko Widodo bersamaan dengan sejumlah proyek lainnya.

Keikutsertaan Pertagas dalam proyek tersebut merupakan langkah lanjutan menyusul mulai beroperasinya Proyek Pipa Arun-Belawan (Arbel).

Dengan beroperasinya pembangunan pipa Arun-Belawan sepanjang 350 kilometer pada akhir 2014, maka diharapkan penyaluran gas ke industri bisa lebih cepat.

"Pertagas akan mempercepat pebangunan pipa distribusi dari Belawan menuju KIM sepanjang 18,5 kilometer dan KEK Sei Mangkei sepanjang 138 kilometer," katanya.

Progres pembangunan pipa dari Belawan ke KIM dan KEK sudah mencapai 55 persen dan target "commissioning" (uji coba) pipa distribusi itu pada tahun 2015.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement