Rabu 21 Jan 2015 12:03 WIB

Jabar Komit Lestarikan Masjid Cirebon

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Agung Sasongko
Keraton Kasepuhan, Cirebon
Foto: Cirebon Arts
Keraton Kasepuhan, Cirebon

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Pemerintah Provinsi Jawa Barat, terus berkomitmen menjadikan keraton-keraton di Cirebon beserta sejumlah potensi wisata lainnya menjadi destinasi pariwisata sejarah di Jawa Barat. Termasuk, ke depannya pemprov akan melestarikan masjid yang ada di Cirebon.

"Supaya lebih terawat lagi, sekarang sudah baik, dipakai sholat dan sholat Jumat,'' ujar Heryawan usai bertemu dengan Sultan Kasepuhan Cirebon PRA Arief Natadingrat di Gedung Sate, Bandung, Rabu (22/1).

Menurut Heryawan, Pemprov Jabar akan merawat masjid Cirebon menjadi lebih baik lagi. Apalagi, di sana juga ada SMK kesenian ''Itu juga akan kami lestarikan, kami bina menjadi sekolah maju, ada pesantrennya juga." katanya.

Berbagai program, kata dia, termasuk alokasi anggaran pun disiapkan untuk melestarikan potensi budaya ini. Sejak awal, Pemprov Jabar bersama pemerintah pusat dan juga daerah terus berkomitmen melestarikan keraton ini. Yakni, dengan berbagai pembiayaan.

''Ada biaya operasional, pelestarian keraton, dan lain-lain. Berapa nilainya saya tidak hafal, tapi ada kewajiban," katanya.

Menurut Heryawan, keraton adalah bagian dari bangunan heritage yang harus dilestarikan dan dirawat. Bahkan merupakan pusat kebudayaan yang bisa menjadi potensi besar dalam bidang pariwisata. " Keraton itu cagar budaya, karena dia peninggalan sejarah. Sudah diakui, di SK-kan. Tinggal tadi, kita harus terus menyempurnakan menjadi tempat sejarah dan menjadi destinasi pariwisata sejarah," katanya

Sementara itu, PRA Arif Natadiningrat mengatakan, Cirebon merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari budaya Jabar. Sebab Cirebon adalah penerus kerajaan Galuh Sunda Pajajaran.

"Muara sejarahnya ada di Cirebon. Hari ini kita lapor ke gubernur apa yang sudah dilaksanakan di Cirebon dan juga memohon pandangan serta masukan ke depan," katanya.

Apalagi, kata Arif, di 2017 mendatang, Cirebon akan menjadi tuan rumah festival keraton nusantara. Dimana raja-raja se-nusantara akan berkumpul di Cirebon. Selain itu, diharapkan bagaimana pembangunan di Jabar khususnya bidang agama, kebudayaan, pariwisata terus meningkat lebih baik lagi.

'' Apalagi Cirebon sebagai kota metroplitan ini yang kita diskusikan tadi bersama gubernur," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement