Sabtu 17 Jan 2015 13:53 WIB

Cegah Trafficking, Menaker Akan Bagi-Bagi Komik ke TKI

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Sebanyak 494 tenaga kerja indonesia (TKI) ilegal tiba di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Selasa
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Sebanyak 494 tenaga kerja indonesia (TKI) ilegal tiba di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Selasa

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Indonesia, M Hanif Dhakiri berkomitmen akan membantu  Lembaga Migrasi Internasional, (International Organization for Migration /IOM) dalam kampanye migrasi yang aman dan pemberantasan  perdagangan orang (trafficking) yang ditujukan bagi pemuda dan komunitasnya.

Selain melakukan kampanye secara terbuka melalui pertemuan langsung dengan masyarakat, kerja sama antara Kemenaker-IOM juga ini juga dilakukan dalam penyusunan dan penyebaran buku komik TKI.

Isi komik itu yaitu tentang migrasi yang aman kepada para pemangku kepentingan (stakeholder), mengembangkan monitoring perusahaan pengerah tenaga kerja Indonesia swasta (PPTKIS) yang baik,  penyebaran tata cara TKI  yang aman, murah, cepat, dan bermartabat.

 ‘’Apabila hal-hal tersebut dapat terlaksana dengan baik maka penempatan TKI ilegal dan trafficking dapat dihindari. Pekerja migran itu bukan komoditas, oleh karena itu diperlukan kerjasama dengan IOM yang memiliki perwakilan di berbagai negara di seluruh dunia,’’ ujarnya.

IOM adalah organisasi internasional yang berdiri pada 1951 dan berdedikasi menjunjung tinggi migrasi yang manusiawi. IOM bergerak menangani migrasi di empat bidang umum yakni migrasi dan pembangunan, menfasilitasi migrasi, Mengatur migrasi, dan Migrasi yang dipaksakan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement