REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR – Kota Bogor kini memiliki layanan pengaduan masyarakat online melalui SMS dan call center yang diluncurkan Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor secara resmi pada Kamis (15/1) di Plaza Balai Kota Bogor. Pemkot juga meluncurkan akun twitter dan website pengaduan khusus bagi warga Bogor.
Kepala Kantor Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Kota Bogor, Chusnul Rozaqi, mengatakan, masyarakat Bogor bisa dengan leluasa mengadukan masalah kota sesuai dengan dinas yang bersangkutan. Ada empat media online yang dapat digunakan, yaitu SMS, call center, akun twitter dan website.
“Keluhan akan langsung terhubung dengan dinas terkait,” ujar Chusnul, Kamis (15/1).
Kominfo Kota Bogor menyediakan layanan pengaduan SMS ke nomor 08118500411 dengan format (Nama#Alamat#Pesan). Sedangkan untuk call center, warga Kota Bogor dapat menghubungi 1500411. Untuk akun twitter, Kominfo meluncurkan akun @aspirasi_kotabogor dan website [email protected].
Menurut Chusnul, saat ini penerimaan pengaduan masih dilakukan pada jam kerja yaitu sejak pukul 07.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB. Untuk tarif SMS dan telepon, sementara masih menggunakan tarif regular.
“Kita akan usahakan pelayanan online dapat diterima 24 jam,” jelasnya.
Layanan pengaduan online ini dapat langsung terhubung ke sejumlah dinas, di antaranya Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Dinas Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, Dinas Pengawasan Bangunan dan Pemukiman, Dinas Kebersihan dan Pertamanan, Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air, dan Pemadam Kebakaran.