Kamis 15 Jan 2015 11:12 WIB

Mulai 16 Januari, KA Ciremai Ekspres Tambahan tak Lagi Beroperasi

Rep: Lilis Handayani/ Red: Indah Wulandari
  Calon penumpang membeli tiket kereta api di Stasiun Senen, Jakarta Pusat, Selasa (16/12). (Republika/ Wihdan)
Calon penumpang membeli tiket kereta api di Stasiun Senen, Jakarta Pusat, Selasa (16/12). (Republika/ Wihdan)

REPUBLIKA.CO.ID,CIREBON--Masyarakat yang biasa menggunakan kereta api (KA) Ciremai Ekspres Tambahan, kini tak bisa lagi menikmatinya. Pasalnya, mulai 16 Januari 2015, PT KAI Daop 3 Cirebon tak akan lagi menjalankan KA tersebut.

''Tapi masyarakat pengguna KA masih tetap dapat menggunakan jasa perjalanan KA Ciremai Ekspres Reguler,'' ujar Manajer Humas PT KAI Daop 3 Cirebon, Gatut Sutiyatmoko, Kamis (15/1).

Gatut mengatakan, berdasarkan evaluasi terhadap perjalanan KA Ciremai Ekspres Tambahan relasi Bandung-Cirebon (PP), diketahui bahwa okupansi penumpang KA tersebut masih dibawah target. Hal itu terjadi sejak dijalankan mulai 5 Agustus 2014 hingga 15 Januari 2015.

''Karena itu, manajemen PT KAI Daop 3 Cirebon memutuskan untuk tidak memperpanjang lagi perjalanan KA tersebut mulai 16 Januari 2015,'' tegas Gatut.

Rencananya, rangkaian KA Ciremai Ekspres Tambahan setelah tidak dijalankan akan digunakan untuk KA Malioboro Ekspres 2 relasi Yogyakarta-Malang (PP).

Gatut menjelaskan, jadwal keberangkatan KA Ciremai Ekspres Tambahan yang tidak dijalankan mulai 16 Januari 2015 adalah, dari Bandung ke Cirebon pukul 05.45 dan 15.05 WIB, serta dari Cirebon menuju Bandung  pukul 10.15 dan 20.05 WIB.

Gatut menambahkan, guna mengapresiasi minat masyarakat pengguna jasa KA untuk relasi Cirebon - Bandung (PP), pihaknya masih tetap menjalankan KA Ciremai Ekspres Reguler. Adapun jadwalnya, yakni dari Cirebon menuju Bandung  pukul 04.45 dan 14.55 WIB serta dari Bandung ke Cirebon pukul 09.50 dan 19.25 WIB.

Gatut berharap, masyarakat tetap menjadikan KA Ciremai Ekspres Reguler sebagai pilihan utama untuk perjalanan Cirebon-Bandung (PP). Hal itu dimaksudkan untuk menghindari kemacetan yang kerap terjadi dalam perjalanan dari Cirebon menuju Bandung maupun sebaliknya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement