Kamis 15 Jan 2015 11:07 WIB

BPBD: Banjir Langkat Rendam Lima Kecamatan

 Beberapa anak bermain air didepan rumanya ketika banjir merendam rumahnya di kelurahan Ternate Tanjung, Manado, Sulawesi Utara, Ahad (11/1). (Antara/Fiqman Sunandar)
Beberapa anak bermain air didepan rumanya ketika banjir merendam rumahnya di kelurahan Ternate Tanjung, Manado, Sulawesi Utara, Ahad (11/1). (Antara/Fiqman Sunandar)

REPUBLIKA.CO.ID,LANGKAT--Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, menyampaikan bahwa lima Kecamatan di daerah ini terendam banjir hingga sekarang, dengan ketinggian air mencapai satu meter.

"Berdasarkan laporan yang kita terima dan cek ke lapangan hanya lima kecamatan yang terendam banjir," kata Kepala Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Langkat Iwan Syahri, di Tanjungpura, Kamis (15/1).

Ke lima Kecamatan yang beberapa desanya terendam banjir itu yaitu Tanjungpura, Batang Serangan, Hinai, Sawit Seberang dan Wampu."Ketinggian air juga bervariasi antara 50 centometer hingga satu meter," katanya.

Lokasi yang agak parah banjir terjadi di Kecamatan Tanjungpura, sementara beberapa daerah lainnya terlihat air mulai menyusut, namun demikian masyarakat masih dimintai untuk tetap waspada, mengantisipasi banjir susulan.

"BPBD juga sudah menerjunkan tim di lapangan, diantaranya mengirimkan perahu karet, tim SAR, maupun juga Tagana, PMI, untuk membantu mesyarakat, teruatam yang daerahnya sangat rawan," sambungnya.

Sementara itu dari Kepala Wilayah Kecamatan Tanjungpura Surianto menjelaskan bahwa sekarang ini banjir terus semakin meluas di beberapa desa yang ada di sana.

"Banjir terus semakiin meluas di berbagai desa yang ada di Kecamatan Tannungpura, menggenangi 6.150 rumah warga di Desa Pematang Cengal Barat, Pekubuan, Lalang, Baja Kuning, Kelurahan Pekan Tanjungpura, Paya Perupuk, Teluk Bakung," katanya.

Selain itu ada enam titik pendirian posko dapur umum yang sekarang sudah dilakukan antara lain di Gedung Juang 45 T%anjungpura, Teluk Bakung, Pematang Cengal Barat, Baja Kuning.

"Bantuan dari pemerintah Kabupaten Langkat, termasuk juga Provinsi sekarang ini sudah kita terima untuk disalurkan ke posko-posko dapur umum," ujarnya.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement