Rabu 14 Jan 2015 18:56 WIB

Ini Penyebab Pohon Rentan Tumbang

Rep: c09/ Red: Karta Raharja Ucu
Pohon tumbang (ilustrasi)
Foto: Antara
Pohon tumbang (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Faktor cuaca menjadi salah satu penyebab mudah rapuhnya pohon di Kota Bogor. Akibatnya, ratusan pohon di Kota Hujan rentan tumbang.

"Cuaca ekstrim membuat pohon lembab hingga mudah rapuh," kata Kepala Bidang Pertamanan Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Bogor, Dian Herdiawan, Rabu (14/1).

Memasuki musim hujan pada November lalu, Kota Bogor dikejutkan dengan belasan pohon tumbang. Pohon tumbang terjadi di sejumlah ruas-ruas jalan yang banyak dilewati kendaraan, sehingga sangat membahayakan pengguna jalan.

Selain faktor cuaca, kondisi bagian dalam pohon juga perlu diperhatikan. Beberapa jenis pohon mengalami pelapukan ketika mencapai usia puluhan tahun.

"Jika tidak diperiksa dengan benar, kita tidak akan tahu bahwa satu pohon mengalami pelapukan di bagian dalam," kata dia.

Menurutnya, pelapukan juga bisa disebabkan masyarakat yang menempelkan paku sembarangan ke badan pohon. Menurutnya, karat paku dapat menyebabkan pohon mengalami infeksi sehingga mudah keropos.

Karenanya, ia mengimbau masyarakat tidak menempelkan papan reklame menggunakan paku. Tujuannya untuk mencegah dan merawat pohon agar bisa bertahan lebih lama.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement