Senin 12 Jan 2015 12:56 WIB

Mesir-Indonesia Tingkatkan Nilai Perdagangan

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Duta Besar Mesir di Indonesia, Bahaaeldeen Dessouki (kanan).
Foto: Kemenag
Duta Besar Mesir di Indonesia, Bahaaeldeen Dessouki (kanan).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Duta Besar Mesir di Indonesia Bahaaeldeen Dessouki mengatakan Indonesia dan Mesir sepakat untuk meningkatkan nilai perdagangan kedua negara. Saat ini, nilai perdagangan kedua negara senilai 1,25 miliar dolar AS.

Ia pun berharap target nilai perdagangan Mesir-Indonesia dapat meningkat hingga 3-4 milar dollar AS. "Tentu dalam lima tahun kita harap perdagangan bisa naik 3-4 miliar dolar AS. Tapi kita harus kerja keras kedua negara," katanya usai menemui Wakil Presiden Jusuf Kalla di Kantor Wapres, Jalan Medan Merdeka Utara, Senin (12/1).

Menurutnya, banyak sektor perdagangan yang dapat ditingkatkan oleh kedua negara. Ia mengatakan, berbagai komoditas dari Indonesia pun diimpor oleh Mesir serta sebaliknya.

"Saya yakin Indonesia punya banyak komoditas yang dibutuhkan Mesir, dan sebaliknya. Kalau kami ambil dari negara lain, akan lebih mahal. Kalau dari kedua negara, akan saling menguntungkan," jelasnya.

Ia menilai hubungan perdagangan dari kedua negara ini sangat menguntungkan. Pasalnya, nilai barang impor dari Indonesia dinilai lebih terjangkau daripada barang dari negara-negara di Eropa.

Saat ini, lanjutnya, kondisi perekonomian di Mesir pun sudah mulai membaik. Pada Maret nanti, Mesir juga akan menggelar konferensi perekonomian yang akan dihadiri oleh berbagai negara.

Ia mengatakan Wakil Presiden Jusuf Kalla pun memberikan dukungannya terhadap upaya peningkatan kerjasama perdagangan kedua negara ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement