Sabtu 10 Jan 2015 00:50 WIB

Budi Gunawan Ditunjuk Jadi Kapolri, Pramono Anung Beri Selamat

Surat penunjukan Komjen Polisi Budi Gunawan kapolri menggantikan Jendra Polisi Sutarman dari Presiden Joko Widodo (Jokowi)
Foto: twitter
Surat penunjukan Komjen Polisi Budi Gunawan kapolri menggantikan Jendra Polisi Sutarman dari Presiden Joko Widodo (Jokowi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Komisaris Jenderal Budi Gunawan diusulkan pemerintah menjadi calon tunggal untuk menduduki jabatan Kepala Kepolisian (Kapolri). Surat penunjukkan Budi Gunawan pun sudah beredar di dunia maya lengkap dengan tanda tangan Presiden Joko Widodo.

Kabar tersebut pun langsung ditanggapi oleh politikus PDIP, Pramono Anung. Meski tak secara eksplisit, Pram mengucapkan selamat kepada sahabatnya yang akan menjadi Kapolri menggantikan Jenderal Sutarman.

"Twitt yg saya hapus semalam, hari ini suratnya keluar, selamat bertugas diposisi baru sahabatku, menjadi orang pertama #TB1," tulisnya pada Jumat malam (9/1).

TB1 atau Tri Brata 1 adalah istilah yang digunakan untuk pucuk pimpinan di Polri. Ia mengatakan sempat berkicau tentang sosok dan surat yang merujuk pada posisi tertinggi di Polri. Namun, karena suratnya belum resmi, ia pun menghapus kicauan sebelumnya.

"Maaf twittnya dihapus, biar ngga menimbulkan banyak pertanyaan.... He3" tulisnya.

Kicauan Pram pun mendapatkan berbagai respon. Seperti yang diungkapkan ‏@rizhamsulaiman yang menuliskan

"BG ini yg tertangkap kamera lg mkn sate bareng panelis debat 1 capres 2014 2019"

Sebelumnya, di dunia maya beredar surat penunjukkan Budi Gunawan sebagai kapolri baru menggantikan Jenderal Sutarman yang telah menjabat sebagai kapolri selama satu tahun belakangan.

Surat bernomor R-01/Pres/01/2015 tersebut tertanggal 9 Januari 2015 dan ditandatagani oleh Presiden Joko Widodo. Surat tersebut ditujukan kepada Ketua Dewan Perwakilan Rakyat.

Isinya tak lain meminta persetujuan DPR terhadap rencana pemerintah untuk mengangkat Komisaris Jenderal Polisi Drs. Budi Gunawan Msi menjadi Kapolri yang baru dan memberhentikan Jenderal Polisi Drs Sutarman.

"Komisaris Jenderal Polisi Drs. Budi Gunawan Msi dipandang mampu dan cakap serta memenuhi syarat untuk diangkat sebagai Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia" tulis surat tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement