Jumat 09 Jan 2015 18:59 WIB

Menteri Marwan Blusukan ke Desa Terbaik di Banten

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Marwan Jafar.
Foto: Republika/Tahta Aidilla
Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Marwan Jafar.

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Desa Pagedangan, Kecamatan Pagedangan, Kabupaten Tangerang mendapat predikat sebagai desa terbaik di Provinsi Banten. Melihat potensi besar yang dimiliki Desa Pagedangan, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Marwan Jafar pun melakukan blusukan ke daerah tersebut pada Jumat (9/1).

Dalam blusukannya kali ini, Menteri Marwan meninjau daerah penerima program Peningkatan Peran Wanita Menuju Keluarga Sehat dan Sejahtera (P2WKSS)‎. Dia mengaku sengaja datang ke Pagedangan lantaran ingin melihat langsung bagaimana perangkat desa bisa memajukan daerahnya.

"Saya ingin melihat dan belajar kepada Kades dan Camat. Katanya di sini ada Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Karena saya memang ingin desa-desa punya BUMDes. Ini yang akan memajukan desa," katanya.

Marwan berkesempatan mengunjungi sentra kuliner yang dikelola BUMDes. Menteri dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) tersebut sempat mencicipi ayam bakar dan sayur asem khas Pondok Lesehan Ayam Kampung Kita.

Selanjutnya, ia menuju Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST). Sebuah sistem pembuangan tempat sampah yang bisa menampung 500 sampai 1000 sampah kepala rumah tangga.

"Ini dipisah, antara organik dan nonorganik. sampah yang dibakar dan dikumpulkan tidak menimbulkan bau. ‎Kalau alatnya diperbesar, ini bisa menampung sampah lebih banyak," ujar pengelola TPST kepada Marwan.

Melihat kemajuan Desa Pegdangan, Marwan cukup kagum. Apalagi, menurut dia, Pagedangan jadi desa satu-satunya yang memiliki BUMDes di Kabupaten Tangerang.

"Saya berharap, Kades melihat potensi apalagi yang akan dikembangkan. Pelayanan sudah online. Saya optimis, desa yang lain akan meniru desa Pagedangan. Nanti saya bisa cerita kepada tempat lain tentang kemajuan Desa Pegedangan," ujar Marwan.

Sebelum mengawali blusukannya, Menteri Marwan melakukan Shalat Jumat di Masjid Al Ghofur bersama warga, alim ulama, dan tokoh nasyarakat setempat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement