Jumat 09 Jan 2015 01:24 WIB

Pencarian AirAsia QZ8501, 43 Jenazah Ditemukan

Rep: C85/ Red: Julkifli Marbun
 Dalam foto yang dirilis oleh Basarnas, Rabu (7/1), tampak bagian pesawat Air Asia QZ 8501 dengan registrasi PK-AXC ditemukan di dasar laut.  (AP/Basarnas)
Dalam foto yang dirilis oleh Basarnas, Rabu (7/1), tampak bagian pesawat Air Asia QZ 8501 dengan registrasi PK-AXC ditemukan di dasar laut. (AP/Basarnas)

REPUBLIKA.CO.ID, PANGKALAN BUN -- Hingga hari keduabelas pencarian, total sudah ada 43 jenazah korban AirAsia QZ8501 yang ditemukan. Dari jumlah tersebut, 41 di antaranya telah diterbangkan ke Surabaya untuk kemudian diidentifikasi dan diserahkan kepada keluarga.

Sedangkan dua jenazah lagi masih berada di atas kapal dan menunggu untuk dievakuasi ke Pangkalan Bun. Direktur Operasional Basarnas Supriyadi menjelaskan bahwa kedua jenazah ditemukan oleh Kapal Negara Pacitan dan Kapal Diraja Kesturi.

"KN Pacitan sedang melakukan perjalanan menemukan jasad, sekalian diangkat," jelasnya.

Hingga hari keduabelas, pencarian masih terhambat oleh kondisi cuaca. Kondisi arus bawah air mencapai 5 knot dengan jarak pandang hanya nol meter. Hal ini tentu menghambat tim penyelam untuk membuktikan penemuan citra side scan sonar sebesar 10 x 5 meter.

Sedangkan pencarian korban sendiri akan semakin sulit mengingat kondisi korban yang telah mengalami pembusukan tingkat lanjut. Harapannya, bila badan pesawat berhasil diangkat maka jasad korban yang masih terperangkap di dalam badan pesawat bisa sekalian dievakuasi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement