Rabu 07 Jan 2015 13:26 WIB

Tahun Ini, Pelabuhan Regional akan Dibangun di Pelabuhan Ratu

Rep: arie lukihardianti / Red: Esthi Maharani
Pantai Pelabuhan Ratu di Sukabumi.
Foto: Republika/Edwin DP
Pantai Pelabuhan Ratu di Sukabumi.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG — Pemerintah provinsi Jawa Barat tahun ini hingga tahun depan akan membangun Pelabuhan Regional di Pelabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi. Untuk merealisasikan pembangunan tersebut,  Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Jawa Barat akan bekerja sama dengan Kota dan Kabupaten. Daerah, diminta mempersiapkan berbagai keperluan pembangunan tersebut. 

Menurut Kadishub Provinsi Jawa Barat,  Dedi Taufik, ide pembangunan Pelabuhan Regional tersebut muncul setelah melakukan kunjungan kerja ke Jabar Selatan akhir pekan lalu bersama Gubernur Jabar Ahmad Heryawan. APBD Provinsi atau kota/kabupaten, akan dialokasikan untuk  pembebasan lahan. Sedangkan pemerintah pusat, akan mengalokasikan untuk pembangunannya. 

‘’Kami akan buat MoU-nya, mulai dari DED (Detail Eingenering Design), dan FS (Fisibilty Study),’’ ujar Dedi kepada wartawan Rabu (7/1). 

Dedi mengatakan, lahan yang akan dibebaskan seluas 6 ribu meter persegi sekaligus untuk sandaran kapalnya. Kalau pelabuhan ini selesai di Bandung, akan menjadi trigger untuk kawasan Jabar khususnya Pelabuhan Ratu.  ‘

’Sekaligus, konektivity antar pelabuhan lainnya di Jabar," katanya. 

Sementara menurut Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan, ke depan selain pembangunan Pelabuhan Regional di Pelabuhan Ratu, Pemprov Jabar akan mengaktifkan kembali Bandara Citarate di Surade, Kabupaten Sukabumi. Ini dilakukan, untuk mempermudah pergerakan masyarakatnya. 

"Kami akan bangun kembali Bandara Citarete di Sukabumi guna mendukung akses di Jabar Selatan baik untuk kepentingan pariwisata atau pun ekonomi," katanya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement