Senin 05 Jan 2015 20:07 WIB

Risma Bantu Keluarga QZ 8501 Urus Asuransi dan Perbankan

Rep: C74/ Red: Indira Rezkisari
Keluarga korban pesawat Air Asia QZ8501 menangis.
Foto: Mirror
Keluarga korban pesawat Air Asia QZ8501 menangis.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA - Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini menyatakan kesiapannya untuk membantu secara penuh para korban Air Asia QZ 8501. Risma mengatakan ada dua yang menjadi persoalan keluarga berurusan dengan lembaga keuangan, yakni persoalan asuransi dan rekening bank.

"Saya sudah ketemu sama profesor dari Universitas Airlangga, ia menyarankan untuk kirim surat ke bank-bank untuk asuransi rekening pribadi," kata Risma di Posko Warwatan Crisis Center Mapolda Jawa Timur, Surabaya, Senin (5/1)

Banyak keluarga ahli waris yang tidak tahu di mana asuransi atau rekening korban. Namun, mereka wajib memberitahukannya. Risma mengatakan pemerintah hanya membantu mempermudah proses asuransi dan perlindungan rekening korban.

"Kita bantu menghubungkan dengan kepala daerah. Kepala daerah, berdasarkan saran profesor Unair, harus mengirimkan surat ke lembaga asuransi dan bank," katanya.

Risma mengaku tidak paham dengan dunia asuransi karena itu mengajak seseorang untuk membantu mendampingi keluarga sampai tuntas.

"Saya juga tidak paham soal instansi mereka, sudah saya komunikasikan soal kesulitan-kesulitan keluarga, bagaimana mendapatkan kartu keluarga, legalisirnya dan lain sebagainya. Karena kan ada yang satu keluarga ikut semua," katanya.

Data-data tersebut yang akan dibantu oleh Pemkot Surabaya. Membuat akta kelahiran, kartu keluarga dan lain-lain. Risma pun tidak hanya membantu warga Surabaya. Ia juga siap membantu warga dari daerah lain dengan melakukan komunikasi dengan kepala daerah yang bersangkutan.

"Jadi tadi saya buat dua surat untuk warga Surabaya dengan warga luar Surabaya," ujar Risma.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement