Selasa 30 Dec 2014 15:44 WIB
AirAsia QZ8501

Basarnas Pastikan Serpihan dari Badan Pesawat Air Asia QZ8501

Benda yang diduga sebagai serpihan pesawat Air Asia QZ8501
Foto: twitter
Benda yang diduga sebagai serpihan pesawat Air Asia QZ8501

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Badan SAR Nasional (Basarnas) memastikan 95 persen daerah penemuan serpihan pesawat Air Asia berada di dekat Selat Karimata, dekat Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah.

"Dari semua temuan itu, saya memastikan 95 persen daerah yang tergambar adalah lokasi serpihan maupun benda-benda yang diduga berasal dari pesawat," kata Kepala Basarnas Marsekal Madya FHB Soelistyo di Jakarta, Selasa.

Pada hari ketiga (30/12) pencarian pesawat Air Asia QZ 8051 yang hilang kontak pada Ahad (28/12) itu, Tim SAR berhasil menemukan beberapa serpihan benda-benda yang diduga bagian pesawat.

"Yang lima persen lagi karena sampai detik ini saya belum melihat langsung benda yang ditemukan tapi secara komunikasi kepada komandan unsur pencarian atas penglihatan di lapangan menyatakan itu adalah emergency exit," kata Soelistyo.

Berdasarkan penemuan tersebut dipastikan daerah tersebut dan dan benda-benda itu adalah bagian dari pesawat yang dicari. Benda yang ditemukan mengapung berupa lempengan logam, objek yang menggambarkan bayangan dalam laut diduga badan pesawat, emergency exit dan diduga beberapa jasad penumpang.

Sepuluh objek diduga serpihan pesawat itu terpantau oleh Pangkoopsau I Marsda TNI Agus Dwi Putranto saat dalam perjalanan menuju Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah, menggunakan helikopter CN 235. Sepuluh objek diduga serpihan pesawat ini belum dipastikan merupakan serpihan pesawat AirAsia yang hilang tiga hari lalu atau objek atau benda lain.

Untuk itu, Basarnas mengirimkan tim ke lokasi untuk memastikannya dari jarak dekat. Sepuluh objek itu terpantau sekitar 105 mil dari Pangkalan Bun. Posisinya sekitar 10 kilometer dari lokasi terakhir pesawat Air Asia yang mengangkut 155 penumpang dan tujuh awak pesawat itu hilang kontak dengan menara pengawas udara.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement