Selasa 30 Dec 2014 10:19 WIB
AirAsia hilang

Pulau Kecil di Belitung Ini akan Disisir dalam Pencarian Air Asia

Peta yang menunjukan lokasi terakhir pesawat Air Asia QZ8501
Foto: abc news
Peta yang menunjukan lokasi terakhir pesawat Air Asia QZ8501

REPUBLIKA.CO.ID, MANGGAR-- Tim SAR Terpadu Provinsi Bangka Belitung akan memfokuskan pencarian titik hilangnya pesawat AirAsia QZ8501 di sekitar Pulau Long yang berjarak sekitar 50 mil dari Pelabuhan Manggar, Belitung Timur.

"Pada hari ketiga pencarian, kami memfokuskan di tiga titik yaitu Pulau Long, karang Barat dan karang Tiung dengan luas pencarian 280 mil," kata Komandan Pos TNI AL Manggar Letda Laut Purwanto di Manggar, Selasa.

Ia menjelaskan terdapat tiga kapal yang diberangkatkan dengan kekuatan personel untuk masing-masing kapal 15 hingga 20 orang. "Jumlah personel yang berangkat hari ini dikurangi untuk mengurangi daya apung, sebelumnya kami mengerahkan sebanyak 30 personel setiap kapal," ujarnya.

Ia menyatakan saat ini tim pencarian masih berkumpul di Posko SAR Terpadu Manggar karena masih menunggu informasi dari Basarnas untuk keberangkatan menuju titik yang sudah ditetapkan. Semua tim sudah siap, sekarang masih menunggu informasi dari Basarnas dan kondisi cuaca yang belum memungkinkan.

Ia menyatakan, pencarian pada hari ketiga dibagi menjadi dua sektor yaitu sektor empat dan sektor sembilan di Belitung Timur dan Belitung. Sektor empat memfokuskan pencarian di seputaran Pulau Long, sementara sektor sembilan terkosentrasi di Belitung yaitu arah Selatan perairan daerah itu.

Menurut dia, kondisi medan tempuh di perairan Pulau Long dengan alur yang relatif kecil, cuaca buruk dan gelombang tinggi. "Namun demikian penyisiran masih aman untuk wilayah pinggiran pantai di sekitar pulau-pulau kecil daerah itu," ujarnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement